Presiden Joko Widodo. Foto: BPMI
Presiden Joko Widodo. Foto: BPMI

Jokowi Dorong Ketahanan Kesehatan Kawasan di KTT ASEAN

Antara • 27 Oktober 2021 05:48
Jakarta: Presiden Joko Widodo mendorong penguatan ketahanan kesehatan dan percepatan vaksinasi di kawasan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-38 dan ke-39 Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Ketahanan kesehatan menjadi modal utama pemulihan ekonomi di ASEAN. 
 
“Presiden menekankan pentingnya penguatan arsitektur kesehatan di kawasan guna mengantisipasi pandemi di masa mendatang,” kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi yang mendampingi Presiden Jokowi dalam KTT ASEAN, Selasa, 26 Oktober 2021.
 
Menurut dia, Presiden Jokowi juga menyinggung pentingnya harmonisasi kebijakan darurat kesehatan publik antaranegara ASEAN. ASEAN Covid-19 Response Fund serta ASEAN Regional Reserve of Medical Supplies (RRMS) juga dianggap perlu diperkuat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Joe Biden Alokasikan Rp1,4 Triliun untuk Perkuat Hubungan ASEAN-AS
 
"Dan pentingnya mendorong kawasan ASEAN menjadi pusat produksi alat kesehatan, diagnostik, obat-obatan, dan vaksin,” papar Menlu.
 
Selain itu, Indonesia ingin pemulihan ekonomi kawasan yang dilakukan bersama oleh negara-negara anggota ASEAN. Salah satunya melalui implementasi ASEAN Travel Corridor Arrangement Framework (ATCAF) yang diinisiasi Indonesia dan telah disetujui seluruh negara anggota ASEAN.
 
Percepatan ekonomi digital turut menjadi isu yang ditekankan Indonesia. Hal ini mengingat potensi digital yang besar di ASEAN dengan pertumbuhan ekonomi digital yang mencapai US$100 miliar pada 2020.
 
KTT ASEAN ke-39 berlangsung dari 26 hingga 28 Oktober di bawah keketuaan Brunei Darussalam. Selain Menlu, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Wakil Menlu Mahendra Siregar turut mendampingi Presiden Jokowi dalam hari pertama pertemuan tersebut.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif