Sekretaris Utama PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti. (Foto: Medcom.id/Dian Ihsan Siregar)
Sekretaris Utama PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti. (Foto: Medcom.id/Dian Ihsan Siregar)

Muhammadiyah Jamin Tak Berpolitik Praktis

Nasional muhammadiyah
Dian Ihsan Siregar • 11 Februari 2019 17:23
Jakarta: Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menjamin tak akan berpolitik praktis. Undangan kepada Joko Widodo dan Prabowo Subianto pada Sidang Tanwir Muhammadiyah pada 15-17 Februari 2019 di Bengkulu tak berkaitan dengan dukungan kepada salah satu calon.
 
"Kita tetap pada prinsip dan khitah. Secara kepribadian kita organisasi dakwah yang menjauhkan diri dari politik praktis," ujar Sekretaris Umum Muhammadiyah Abdul Mu'ti di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Senin, 11 Februari 2019.
 
Mu'ti memastikan undangan kepada Prabowo dan Jokowi dalam kapasitas sebagai tokoh nasional. Muhammadiyah tetap dalam koridor dakwah sebagai organisasi yang berprinsip politik kebangsaan, bukan kepartaian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Sidang Tanwir Muhammadiyah Undang Jokowi dan Prabowo
 
Kendati demikian pada Sidang Tanwir Muhammadiyah nanti, pihaknya akan memberikan rekomendasi terbaik kepada dua undangan 'spesial' tersebut. Dukungan lebih pada gagasan dan ide bukan dalam bentuk dukungan suara.
 
"Tujuannya, agar proses demokrasi berjalan lebih baik, proses pemilihan umum (Pemilu) berjalan dengan aman, tertib dan lancar," jelas dia.
 
Baca juga:Peluk Hangat Tokoh Perempuan Muhammadiyah ke Jokowi
 
Dia menambahkan, kedua tokoh nasional yang diundang akan diberikan waktu masing-masing selama 90 menit dalam memaparkan pidatonya. Dengan begitu, setiap peserta Sidang Tanwir akan menggali lebih jauh dari pidato yang disampaikan oleh dua tokoh nasional itu.
 
"Mudah-mudahan bisa terjadi interaksi, tanya jawab konstruktif untuk mendapatkan pikiran-pikiran yang jernih dari Jokowi dan Prabowo," pungkasnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif