Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (kanan) menyapa Wakil Ketua Komisi II DPR Saan Mustopa. MI/Susanto.
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (kanan) menyapa Wakil Ketua Komisi II DPR Saan Mustopa. MI/Susanto.

Legislator NasDem Setuju Pemekaran Papua

Nasional pemekaran daerah
Arga sumantri • 12 November 2019 18:50
Jakarta: Legislator Fraksi Partai NasDem Saan Mustopa sepakat dengan wacana pemekaran di Papua. Saan menyebut pemerintah harus memperhatikan pemerataan pembangunan dan ekonomi di Papua.
 
"Seharusnya, untuk daerah-daerah tertentu baik alasan politis maupun pertumbuhan, pemerataan itu dibuat daerah otonomi baru (DOB) yang selektif," kata Saan di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Selasa, 12 November 2019.
 
Menurut Saan, pemekaran bisa mempercepat pembangunan dan pemerataan ekonomi di Papua. Pemerintah bisa mewujudkan keinginan pemerataan kesejahteraan di Bumi Cenderawasih.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemekaran itu juga bisa membantu pemerintah menyelesaikan permasalahan kelompok kriminal bersenjata dan ancaman kelompok separatis. Kepala daerah bisa mengosolidkan upaya para kelompok tersebut.
 
Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memastikan moratorium pembentukan daerah otonomi baru (DOB) di wilayah lain tetap berlaku, kecuali Papua. Pasalnya, pemerintah memiliki anggaran terbatas bagi 183 wilayah yang meminta pemekaran.
 
Papua mendapat kesitimewaan karena alasan keamanan dan percepatan pembangunan. Namun, pemerintah hanya menyetujui pemekaran dua provinsi dari tiga wilayah yang diusulkan pemda. Dua calon provinsi baru ialah Papua Selatan dan Papua Pegunungan Tengah.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif