NEWSTICKER
Anggota Komisi III DPR Arsul Sani. Foto: Medcom.id/Whisnu Mardiansyah
Anggota Komisi III DPR Arsul Sani. Foto: Medcom.id/Whisnu Mardiansyah

RKUHP Masuk Prolegnas Prioritas 2020

Nasional RUU KUHP rancangan kuhp
Arga sumantri • 21 November 2019 13:38
Jakarta: Anggota Komisi III DPR Arsul Sani memastikan pembahasan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) dilanjutkan. Pembahasan bakal diprioritaskan.
 
"Jadi yang (Program Legislasi Nasional) 2020 itu mungkin RKUHP dan RUU Pemasyarakatan," kata Arsul di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, 21 November 2019.
 
Arsul menuturkan RUU KUHP dan RUU Pemasyarakatan tak dibahas dari nol. DPR periode sebelumnya menyepakati dua rancangan undang-undang itu tidak dibahas ulang. Terlebih, yang menyangkut politik hukum tentang satu masalah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita bicarakan kembali hal-hal yang terkait dengan redaksional, frasa, penjelasan, tapi kalau politik hukumnya saya kira tidak," tutur dia.
 
Arsul menjelaskan dewan tak bakal membahas hukuman mati. Dia menyebut hukuman mati tidak dihapus total, melainkan digeser posisinya dari semula pidana pokok menjadi pidana khusus yang harus dijatuhkan sidang alternatif.
 
Pasal perzinahan juga dipastikan tetap masuk RKUHP. Begitu pula regulasi tentang aborsi atau menggugurkan kandungan. Ia memastikan ada pengecualian dalam KUHP bagi pelaku aborsi yang merupakan korban pemerkosaan.
 
"Perempuan yang diperkosa yang kemudian hamil, menggugurkan kandungannya, kemudian dipidana itu enggak betul. Itu termasuk di pengecualian," tegas dia.
 
Komisi III juga akan mengusulkan RUU tentang Mahkamah Konstitusi (MK) dan RUU tentang Jabatan Hakim. Dua RUU ini diusulkan masuk prolegnas jangka menengah lima tahunan maupun Prolegnas 2020.
 
"(Dua RUU dibahas) di tahun berikutnya atau begitu selesai (RKUHP dan RUU Pemasyarakatan) kita masukkan dalam RUU prioritas," ujar dia.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif