Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan. Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo
Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan. Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo

Jepang Mendominasi Referensi Pembangunan Indonesia

Nasional pembangunan indonesia-jepang
Ilham wibowo • 12 Januari 2020 20:07
Jakarta: Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyebut Jepang masih jadi negara teratas dalam persepsi referensi pembangunan di Indonesia. Jepang mengungguli Amerika Serikat (AS), Tiongkok, dan Singapura.
 
"Menurut masyarakat, negara Jepang belum tergoyahkan sebagai negara yang paling layak dijadikan model pembangunan, baik untuk Asia maupun untuk Indonesia," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam diskusi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 12 Januari 2020.
 
Ia mengatakan 23 persen responden menilai Jepang punya andil dalam membaiknya perekonomian Indonesia maupun Asia. Sebanyak 18 persen responden menganggap AS yang berjasa. Sedangkan, 13 persen yang memilih Tiongkok, dan 11 persen responden memilih Singapura.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan, sebanyak 27 persen responden menilai Jepang berpengaruh terhadap tingkat kepuasan kinerja Presiden Joko Widodo. 14 persen memilih AS, Tiongkok 12 persen, dan Singapura 13 persen.
 
"Sentimen masyarakat kita lebih negatif kepada Tiongkok dibandingkan AS dan Jepang, dan menariknya Singapura berada di keempat contoh pembangunan selama 10 tahun terakhir," paparnya.
 
Negeri Sakura juga jadi teratas pilihan responden terkait negara yang cocok dijadikan contoh pembangunan. Penilaian ini didasari faktor-faktor demografi maupun partisipasi masyarakat.
 
"Secara umum masyarakat cenderung melihat Jepang sebagai negara yang pantas dijadikan contoh pembangunan," ujarnya.
 
Survei LSI ini dilakukan berkolaborasi dengan Asian-Barometer pada 10-15 Juli 2019. Survei melibatkan 1.540 responden dengan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error 2,5 persen. Tingkat kepercayaan riset ini sebesar 95 persen dengan asumsi sampel random sampling.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif