Presiden Joko Widodo. Youtube Sekretariat Presiden.
Presiden Joko Widodo. Youtube Sekretariat Presiden.

Pemda Diperintahkan Atur Libur Akhir Tahun, Jokowi: Jangan Ada Kerumunan

Nasional Jokowi Virus Korona pemda natal dan tahun baru kasus covid-19 indonesia
Fachri Audhia Hafiez • 26 Oktober 2021 12:52
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan seluruh kepala daerah mengatur libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Hal ini guna mencegah peningkatan mobilitas masyarakat dan menyebabkan peningkatan kasus covid-19.
 
"Saya minta betul-betul agar dikelola, diatur, sehingga Natal dan tahun baru ini berjalan dengan tidak ada kerumunan," tegas Jokowi saat memberikan pengarahan kepada kepala daerah se-Indonesia secara virtual di Istana Merdeka, Jakarta, dikutip Selasa, 26 Oktober 2021.
 
Jokowi menuturkan libur Natal dan Tahun Baru 2021 menyebabkan peningkatan penyebaran covid-19. Masyarakat banyak mudik pada momentum tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan hasil survei, kata Jokowi, 19,9 juta orang berniat mudik pada akhir 2021. Jumlah yang tidak sedikit itu harus diantisipasi oleh semua pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota.
 
"Inilah yang harus kita antisipasi, semua provinsi, semua kabupaten dan kota harus mengingatkan warganya agar Natal dan tahun baru ini lebih baik tidak bepergian ke mana-mana," kata Jokowi.
 
Jokowi menyebut unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) memiliki peranan penting dalam menyosialisasikan pencegahan mobilitas masyarakat. Khususnya, mengantisipasi kemungkinan gelombang ketiga covid-19.
 
"Tetapi sekali lagi, tetap sesuai dengan protokol kesehatan dengan gas dan rem yang dinamis, selalu waspada, siap siaga, cepat bertindak, itu yang terus harus kita jaga," ucap Jokowi.
 
Baca: Kasus Covid-19 Merangkak Naik, Jokowi Instruksikan Pemda Tetap Waspada
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif