Ilustrasi perlawanan terhadap covid-19/Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi perlawanan terhadap covid-19/Medcom.id/M Rizal

Pengendalian Pandemi Butuh Mental Optimistis

Fachri Audhia Hafiez • 17 November 2021 09:04
Jakarta: Anggota MPR dari Fraksi NasDem, Subardi, menilai pengendalian pandemi covid-19 butuh mental optimistis dari seluruh elemen masyarakat. Hal itu mesti dipegang teguh agar Indonesia bisa terus bangkit dan keluar dari krisis akibat pandemi.
 
"Kekuatan kita adalah spirit kebangsaan dan mental optimistis. Karena semua elemen bangsa terlibat," kata Subardi dikutip dari laman Fraksi NasDem DPR, Rabu, 17 November 2021.
 
Menurut dia, bangsa Indonesia membuktikan mampu keluar dari masa-masa sulit sejak dahulu. Misalnya, dari zaman penjajahan, revolusi, dan reformasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kondisi itu kembali terulang di era saat ini. Berbagai aksi kemanusiaan lahir dari pengorbanan para pihak yang terlibat langsung dalam upaya penanganan covid-19.
 
"Semangat kebersamaan tersebut mampu mengendalikan level pandemi hingga ke titik aman," ujar Subardi.
 
Baca: Menkes Ingin RS Vertikal Indonesia Jadi Rujukan Asia Tenggara
 
Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu mengatakan tingkat kepatuhan masyarakat bersama-sama keluar dari pandemi semakin baik. Hal ini terbukti dengan keberhasilan Indonesia menangani lonjakan kasus pada pertengahan 2021.
 
"Kita boleh saja menyebut bulan Juli atau puncak pandemi tahun ini adalah petaka. Tetapi kita juga patut bersyukur, program-program pengendalian covid-19 berjalan efektif," ucap Subardi.
 
Dia merasakan sendiri program pengendalian covid-19 di daerah pemilihannya, DIY. Mulai dari vaksinasi hingga bantuan bahan pangan dan modal usaha.
 
"Relawan covid-19 juga bergerak di mana-mana. Itu adalah wujud dari spirit kebangsaan. Bagi saya, nilai-nilai terbaik dari ideologi kebangsaan adalah semua terlibat untuk kemanusiaan," kata Subardi.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif