NEWSTICKER
Ilustrasi. Aksi unjuk rasa serikat buruh. Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha
Ilustrasi. Aksi unjuk rasa serikat buruh. Foto: Antara/Asprilla Dwi Adha

KSBSI Akan Galang Dukungan Mendemo RUU Ciptaker

Nasional aksi buruh unjukrasa buruh Omnibus Law
Zaenal Arifin • 28 Februari 2020 05:44
Jakarta: Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) berencana turun ke jalan untuk menyuarakan penolakan terhadap omnibus law Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja. KSBSI akan menggalang dukungan elemen masyarakat lainnya guna meramaikan aksi unjuk rasa.
 
"Kita akan bangun kembali untuk menyuarakan ke pemerintah bahwa omnibus law ini bermasalah sejak awal," kata Sekretaris Jenderal KSBSI Dedi Hardianto di Kantor Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta, Kamis, 27 Februari 2020.
 
KSBSI Akan Galang Dukungan Mendemo RUU Ciptaker
Ilustrasi. Aksi unjuk rasa penolakan omnibus law. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KSBSI mengajak elemen mahasiswa maupun masyarakat ikut turun ke jalan. KSBI sendiri akan fokus menyuarakan protes terhadap RUU Cipta Kerja. Rancangan perundangan dengan konsep omnibus law ini dianggap tidak pro buruh.
 
"Kami akan main di domain kami, kami tidak mungkin merespons isu-isu di domain lain," ujarnya.
 
Dedi menekankan serikat buruh siap menerima elemen masyarakat yang juga ingin turun ke jalan di waktu yang sama meskipun berbeda tuntutan.
 
Baca:Perumusan RUU Cipta Kerja Dituding Tak Transparan
 
Di sisi lain, KSBSI juga siap untuk diajak berunding guna mencari solusi RUU Cipta Kerja agar tidak membuat buruh sengsara. Menurut dia, banyak butir pasal di RUU Cipta Kerja harus segera ditinjau ulang.
 
"Artinya dari awal yang kami nyatakan ternyata dalam proses formal tidak benar. Ini bagian hal bahwa mereka (DPR) tidak fokus, jangan Prolegnas, kita perbaiki dari awal karena UU ketenagakerjaan juga banyak yang bermasalah," ujarnya.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif