Presiden Joko Widodo di SMP Negeri 1 Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat. Foto: Medcom.id/Damar Iradat.
Presiden Joko Widodo di SMP Negeri 1 Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat. Foto: Medcom.id/Damar Iradat.

Jokowi Janji Memperbaiki SMPN 1 Muara Gembong

Nasional sekolah rusak
Damar Iradat • 30 Januari 2019 13:53
Bekasi: Presiden Joko Widodo berjanji segera memperbaiki SMP Negeri 1 Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Janji itu ia sampaikan selepas menyidak sekolah tersebut.
 
"Tadi saya perintahkan Menteri PU (Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono), Maret akan dikerjain," kata Jokowi di lokasi, Rabu, 30 Januari 2019.
 
Jokowi menyatakan pembangunan infrastruktur sekolah kini berada di bawah Kementerian PUPR. Perbaikan SMPN 1 Muara Gembong akan menggunakan dana APBN yang berada di pos Kementerian PUPR.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Negara juga memerintahkan agar Menteri PUPR segera memperbaiki kondisi sekolah itu. Pasalnya, kondisinya sudah sangat mendesak. "Secepatnya karena ini dibutuhkan," ujar dia.
 
Jokowi selepas menghadiri panen raya udang di Pantai Desa Pantai Bakti mendadak mengunjungi sekolah itu. Dia mengaku ingin mengetahui kondisi sekolah yang menurut laporan masyarakat rusak parah.
 
Dalam sidak tersebut, Jokowi didampingi pejabat negara. Mereka adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Basuki Hadimuljono, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
 
Jokowi juga telah mendapat penjelasan dari kepala sekolah bila gedungnya tak mendapat perawatan dan perbaikan sejak 1984. Jokowi juga melihat sendiri kondisi ruang kelas yang sudah memprihatinkan.
 
Baca: 422 Sekolah Rusak di Sulawesi Tengah
 
"Keadaannya dua kelas ini sudah sangat parah seperti ini. Kemudian kelas yang lain juga sama, plafonnya sudah enggak layak," ujar dia.
 
Menurut mantan Wali Kota Solo itu, kondisi ini memaksa pihak sekolah menerapkan jadwal belajar pagi dan siang untuk para siswanya. Sementara itu, sekolah dipenuhi 690 siswa.
 
"Karena siswanya di sini ada 600-an, banyak sekali, tapi sarana prasarananya ya seperti ini," tegas dia.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif