Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

DPR Timbang Gandeng MRP Bahas RUU DOB Papua

Fachri Audhia Hafiez • 17 Mei 2022 12:42
Jakarta: DPR mempertimbangkan mengundang sejumlah pihak dalam pembahasan tiga rancangan undang-undang (RUU) tentang daerah otonomi baru (DOB) Papua. Salah satunya, mengundang Majelis Rakyat Papua (MRP).
 
"Kita akan libatkan sepanjang memang harus dilibatkan," kata Wakil Ketua Komisi II DPR, Junimart Girsang, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 17 Mei 2022.
 
Menurut Junimart, Komisi II terlebih dahulu berdiskusi pihak mana saja yang layak diundang untuk memperkuat RUU tersebut. Khususnya, pihak yang mendukung pembangunan Papua melalui beleid tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sepanjang mereka menyuarakan untuk pembangunan Papua, itu supaya ekonomi merata pembangunannya, maka dibentuklah DOB itu," ucap Junimart.
 
Baca: 3 RUU DOB Papua Ditargetkan Selesai Juni
 
Politikus PDI Perjuangan itu tak mempersoalkan pro dan kontra RUU inisiatif DPR tersebut. Junimart mengatakan pro dan kontra itu muncul karena banyak pihak yang punya kepentingan.
 
"Banyak kepentingan. Ada yang kepentingan subjektif, objektif, politik, dan bahkan ada kepentingan kemungkinan pecah belah juga," ucap Junimart.
 
Adapun rencana pemekaran tiga DOB di Papua sempat menuai protes. Namun, pemerintah dan DPR tetap akan membahas rancangan itu. Di sisi lain, DPR belum menerima surat presiden (surpres) untuk membahas lebih lanjut terkait RUU DOB Papua.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif