Ilustrasi. Foto: MI/Susanto
Ilustrasi. Foto: MI/Susanto

Penyusunan DPT di KPU Dinilai Kerap Bermasalah

Nasional DPT di Kemendagri
Cindy • 02 Desember 2019 22:32
Jakarta: Pengamat Politik Adi Prayitno menilai usulan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditangani kementerian dalam negeri (Kemendagri) bisa dipandang sebagai inovasi dan solusi. Sebab, ia menilai penyusunan DPT oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kerap bermasalah.
 
"Dan selalu jadi bahan sorotan. Selain lama, penyusunan DPT selalu berbelit-belit dan jelimet selalu menimbulkan kontroversi," kata Adi kepada Medcom.id, Senin, 2 Desember 2019.
 
Adi melanjutkan penetapan DPT oleh Kemendagri bisa jadi akan lebih efektif. Sebab, Kemendagri memiliki kompetensi untuk mendapat data pemilih secara menyeluruh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagi Adi, usulan penetapan DPT di Kemendagri itu patut dipertimbangkan. Namun, wacana harus didukung berbagai pihak terkait.
 
"Keputusan DPT ini harus melibatkan banyak pihak, tokoh, pakar, dan seterusnya. Tak bisa hanya dibuat sepihak komisi II DPR," ucap Adi.
 
Sebelumnya, Anggota Komisi II DPR Mardani Ali Sera menginginkan pengurusan DPT ditangani dan diurus Kemendagri. Hal itu dinilai efektif dan efisien.
 
Selama ini, Kemendagri menyediakan DP4 buat proses penyusunan DPT. Kemudian, KPU menyinkronisasi, melakukan penelitian, dan pencocokan data sebelum ditetapkan menjadi DPT.
 
Mardani menyebut penetapan DPT bisa ditangani Kemendagri agar tak memakan waktu panjang. Hal ini akan diusulkan Komisi II DPR buat masuk revisi Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pemilu.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif