Legislator milenial dari Golkar, Puteri Anetta Komarudin. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri
Legislator milenial dari Golkar, Puteri Anetta Komarudin. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri

Legislator Milenial Bentuk Kaukus Muda Parlemen

Nasional Pelantikan Anggota DPR
Arga sumantri • 04 Oktober 2019 11:20
Jakarta: Legislator milenial periode 2019-2024 membentuk wadah perkumpulan yang dinamai Kaukus Muda Parlemen Indonesia. Forum ini menjadi wadah anggota DPR berusia muda bertukar pikiran.
 
"Nanti dari situ kita mau dorong isu-isu yang selama ini luput dari perhatian, terutama isu-isu yang terkait anak-anak muda," kata anggota DPR Fraksi Golkar Puteri Komarudin di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat, 4 Oktober 2019.
 
Sejauh ini sudah ada sekitar 65 anggota yang disebutnya tergabung dalam forum. Sementara itu, ada sekitar 90-an anggota DPR berusia muda di periode 2019-2024.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Legislator berusia 26 tahun itu menyebut Kaukus Muda Parlemen Indonesia ingin mengonsep sejumlah isu-isu yang ada di Senayan. Salah satu contohnya lingkungan kerja yang lebih bersahabat di DPR, utamanya bagi perempuan.
 
"Yang seusia aku kan kita juga nanti bakal menikah, melahirkan. Padahal di sini buat anggota enggak ada day care. Pegawai itu dapat day care," ujar dia.
 
Anak politikus senior Golkar Ade Komarudin itu mengatakan wadah itu jadi inisiatif bersama para legislator muda. Gerakan dimulai dengan membentuk grup percakapan khusus yang berisikan para anggota Dewan berusia di bawah 40 tahun.
 
"Kita juga belum punya struktur jadi sekarang masih cair saja. Sebagai kelompok diskusi kali ya," kata lulusan University of Melbourne, Australia, itu.
 
Target forum ini, kata dia, untuk meningkatkan komunikasi masyarakat dengan DPR, utamanya legislator muda. Ini mengingat beberapa waktu lalu ramai gelombang unjuk rasa mahasiswa atas sejumlah isu di Parlemen.
 
Gelombang demonstrasi itu terjadi lantaran masyarakat tidak menerima informasi secara utuh. "Jadi yang ingin kita ciptakan itu ruang publik, ruang diskusi yang terbuka antara DPR sama anggota masyarakat yang diwakili, karena kan sejatinya kan kita wakil rakyat," ujar dia.
 
Kaukus Muda Parlemen berencana membuat audiensi dengan aliansi badan eksekutif mahasiswa (BEM) dan komunitas pemuda lainnya. Ruang dialog ini diharapkan bisa meredam mahasiswa turun ke jalan.
 
Di sisi lain, ia mafhum wadah ini tak bisa seenaknya bergerak. Pasalnya, anggota Kaukus Muda Parlemen punya tanggung jawab terhadap fraksi masing-masing. Namun, forum itu bakal menjadi wadah berjuang legislator muda pemegang idealisme merealisasikan janji kampanye.
 
"Karena kalau sendirian doang kita yakin kita enggak bisa survive di DPR dengan banyaknya kepentingan dan kelompok yang sudah ada," ungkap dia.
 
Puteri mengatakan para legislator muda juga ingin mengubah citra DPR yang selama ini buruk. Hal ini dipercaya bisa dilakukan dengan banyaknya anggota DPR berusia muda yang punya kompetensi dengan latar belakangnya masing-masing.
 
"Jadi background positif-positif banget, dan kalau dibawa ke sini sebenarnya kita bisa membawa perubahan yang besar," pungkas dia.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif