Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Sosialisasi Masif Diperlukan dalam Menerbitkan Undang-Undang

Nasional ruu dpr Omnibus Law UU Cipta Kerja
Kautsar Widya Prabowo • 11 Oktober 2020 18:54
Jakarta: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengingatkan pentingnya sosialisasi masif kepada masyarakat untuk kebijakan yang mendesak disahkan. Sosialisasi dapat dilakukan melalui seluruh kanal yang tepat.
 
"(Ini) dilakukan agar mengurangi pemahaman yang salah di kalangan masyarakat," ujar Lestari dalam keterangan tertulis, Minggu, 11 Oktober 2020.
 
Menurut dia, upaya ini perlu diterapkan mulai dari sosialisasi rancangan undang-undang (RUU). Pasalnya, ada sejumlah RUU yang masih dalam proses tahapan pembahasan di DPR dan menjadi perhatian masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mencontohkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS), RUU Ketahanan Keluarga, RUU Masyarakat Adat, dan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga. Aturan ini masih dinilai kontroversial oleh masyarakat.
 
"Sosialiasi masif terkait hal-hal yang dikhawatirkan masyarakat atas kebijakan terkait harus segera dilakukan," jelas dia.
 
Rerie, sapaan akrab Lestari, meyakini masyarakat akan memahami manfaat dan dampak dari peraturan baru yang akan diterbitkan. Dengan begitu, kericuhan yang sempat terjadi terhadap UU Cipta Kerja (Ciptaker) dapat dicegah.
 
"Bila sejak awal RUU Cipta Kerja ini dibahas, banyak orang sudah memahami rancangan kebijakan ini, mungkin saja unjuk rasa besar-besaran tidak akan terjadi," tutur dia.
 
Baca: Menaker Bantah Isu PKWT tanpa Batas Waktu
 
Politikus Partai NasDem ini menyebut sosialisasi sedini mungkin sebagai bentuk transparansi publik. Hal itu menjadi ciri manajemen publik yang baik.
 
"Sudah saatnya kita melakukan perubahan dalam pengelolaan komunikasi di kalangan birokrasi pada institusi negara agar menjadi lebih baik dalam menghadapi perkembangan zaman," jelas dia.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif