Mendagri Tjahjo Kumolo--Medcom.id
Mendagri Tjahjo Kumolo--Medcom.id

Kriteria Penerima Dana Kelurahan Sedang Digodok

Nasional Dana Kelurahan
Dheri Agriesta • 24 Oktober 2018 13:58
Jakarta: Kementerian Dalam Negeri belum menentukan kriteria kelurahan yang bakal menerima dana kelurahan. Mendagri Tjahjo Kumolo menyebut hal itu masih disusun pemerintah.

"Sedang disusun. Tapi secara prinsip kelurahan yang di Jakarta kan enggak, tapi kalau di luar Jawa penting," kata Tjahjo di Sekretariat Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu, 24 Oktober 2018.

Tjahjo mengatakan ada banyak kelurahan yang meminta dana operasional setelah program dana desa direalisasikan. Ia menyebut banyak kelurahan di Sumatera yang mengajukan perubahan status menjadi desa di Kemendagri. "Kira-kira itu intinya supaya tidak terjadi kecemburuan," kata dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Baca: DPR Menunggu Penjelasan Pemerintah soal Dana Kelurahan Menurutnya masih banyak kelurahan yang tertinggal. Kelurahan itu kekurangan dana operasional sehingga tak memiliki sanitasi dan beberapa fasilitas umum yang tak layak.

Tjahjo menampik dana kelurahan akan fokus diberikan kepada kelurahan di luar Pulau Jawa. Hanya saja, Tjahjo belum memastikan apakah dana kelurahan yang diterima berbeda untuk setiap kelurahan.

"Bisa berbeda bisa juga sama, karena sifatnya kan stimulan bukan dana seperti desa yang baku yang sesuai jumlah penduduk atau masuk desa tertinggal," kata dia.


(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi