Kepala BP2MI Benny Rhamdani/Medcom.id/Chris
Kepala BP2MI Benny Rhamdani/Medcom.id/Chris

12 Ribu TKI Pulang ke Indonesia, BP2MI Sediakan Tempat Penampungan

Nasional buruh tki Tenaga Kerja Pekerja Migran Indonesia BP2MI
Antara • 26 April 2022 16:16
Jakarta: Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menyiapkan tempat penampungan sementara untuk pekerja migran Indonesia (PMI) yang kembali ke Tanah Air. Fasilitas tersebut digunakan supaya tenaga kerja Indonesia (TKI) itu tak repot mencari penginapan.
 
"BP2MI menyediakan shelter untuk menampung sementara bagi PMI sebelum pulang ke kampung halaman," kata Kepala BP2MI Benny Rhamdani dikutip dari Antara, Selasa, 26 April 2022.
 
Tempat penampungan sementara ini terdapat di Serang, Banten, dan Ciracas, Jakarta. Pihaknya juga berkoordinasi dengan Kementerian Sosial untuk dapat menggunakan Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) sebagai tempat penampungan jika memang dibutuhkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: BP2MI Tampung 1.400 Aduan ABK WNI
 
BP2MI mengantisipasi kepulangan 12.134 pekerja asal Indonesia dari 24 negara atau wilayah penempatan yang kontraknya akan berakhir pada Mei 2022. Sebanyak 6.023 diperkirakan pulang dari Taiwan, 3.760 PMI dari Hong Kong, 1.741 PMI dari Korea Selatan, dan 610 PMI dari 21 negara lainnya.
 
Benny mengatakan BP2MI terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri di negara-negara penempatan. Koordinasi dengan perwakilan Republik Indonesia untuk informasi rencana kepulangan PMI.
 
"Sehingga BP2MI dapat memastikan kepulangan mereka dan menyiapkan hal-hal yang harus disiapkan dengan baik," kata Benny.

 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif