Diskusi 'Evaluasi Kinerja DPR Masa Sidang V TS 2018-2019' - Medcom.id/Faisal Abdalla.
Diskusi 'Evaluasi Kinerja DPR Masa Sidang V TS 2018-2019' - Medcom.id/Faisal Abdalla.

DPR Hanya Hasilkan Satu RUU Prioritas di Masa Sidang V

Nasional dpr
Faisal Abdalla • 15 Agustus 2019 16:09
Jakarta: Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) mengkritisi kinerja legislasi DPR. Pada masa sidang V, legislator hanya mampu mengesahkan satu rancangan undang-undang (RUU) prioritas.
 
"Satu RUU prioritas pada masa sidang V menjadikan kinerja DPR tahun 2019 stagnan," kata peneliti Formappi, I Made Leo Wiratma, dalam diskusi 'Evaluasi Kinerja DPR Masa Sidang V TS 2018-2019' di kantor Formappi, Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur, Kamis, 15 Agustus 2019.
 
RUU prioritas itu terkait sistem nasional ilmu pengetahuan dan teknologi. Pada masa sidang kali ini DPR juga menyelesaikan dua RUU kumulatif terbuka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski begitu, Formappi menilai kinerja legislasi DPR tak memenuhi target. Ada empat RUU prioritas lain yang sebenarnya diproyeksikan selesai pada masa sidang V, namun gagal dirampungkan.
 
(Baca juga:Kinerja DPR Memburuk)
 
Empat RUU prioritas yang tak selesai itu RUU tentang Ekonomi Kreatif, RUU tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, RUU tentang Perkoperasian, serta RUU tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan.
 
Rapor buruk di bidang legislasi menunjukkan tak ada semangat DPR berbenah. DPR Periode 2014-2019 rata-rata hanya mampu menelurkan satu RUU di setiap masa sidang.
 
"DPR tak mempan dengan upaya-upaya perencanaan yang ditujukan untuk menggenjot capaian legislasi," tutur I Made.
 
I Made menilai inisiasi Ketua DPR Bambang Soesatyo mengerucutkan jumlah RUU prioritas di setiap masa sidang juga tak memberi dampak pada peningkatan capaian legislasi. Hal ini sekaligus membuktikan kurang koordinasi antar alat kelengkapan dewan (AKD).
 
"Dengan koordinasi yang tidak padu, sulit mengharapkan capaian yang terarah dan maksimal," ujar I Made.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif