Presiden Joko Widodo. ANT/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo. ANT/Hafidz Mubarak A

Kinerja Kemenkes Lagi-lagi Disentil Jokowi

Nasional Virus Korona
Nur Azizah • 29 Juni 2020 10:34
Jakarta: Presiden Joko Widodo kembali menyentil kinerja Kementerian Kesehatan di tengah pandemi virus korona (covid-19). Jokowi memerintahkan pembayaran klaim dipercepat.
 
"Saya minta agar pembayaran imbursement untuk pelayanan kesehatan yang berkaitan dengan covid-19 ini dipercepat pencairannya," tegas Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 29 Juni 2020.
 
Jokowi tak mau lagi mendengar keluhan. Kepala Negara juga mendesak santunan untuk korban meninggal covid-19 segera dicairkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Santunan itu, begitu meninggal bantuan itu langsung keluar, prosedur di Kemenkes jangan sampai bertele-tele, kalau aturan di Permennya (peraturan menteri) terlalu berbelit-belit ya disederhanakan," tegas Jokowi.
 
(Baca: Jokowi Diyakini Segera 'Tendang' Menteri Berkinerja Buruk)
 
Presiden ke-7 RI ini juga menyoroti pembayaran insentif tenaga medis yang masih lambat. Ia tak mau para tenaga medis menunggu terlalu lama.
 
"Pembayaran klaim rumah sakit secepatnya, insentif tenaga medis secepatnya, insentif petugas laboratorium secepatnya, tunggu apa lagi kalau anggarannya sudah ada," ujar dia.
 
Jokowi juga sempat menyentil kinerja Kemenkes pada Sidang Kabinet Paripurna, 18 Juni 2020 lalu. Ia mengatakan serapan Kemenkes masih minim.
 
Ia memerintahkan anggaran yang telah dikeluarkan segera diberikan kepada masyarakat. Sebab, makin banyak uang yang dikeluarkan maka semakin banyak konsumsi masyarakat.
 
"Misal bidang kesehatan dianggarkan Rp75 triliun baru keluar 1,35 persen coba, uang beredar kerem di situ semua," kata Jokowi.
 
Kinerja Kemenkes Lagi-lagi Disentil Jokowi
 

(REN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif