Ilustrasi Gedung KPK/MI/Susanto.
Ilustrasi Gedung KPK/MI/Susanto.

Alokasi Mobil Dinas Miliaran Rupiah untuk Elite KPK

Nasional kpk DPR RI
Fachri Audhia Hafiez • 15 Oktober 2020 16:32
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengajukan anggaran miliaran rupiah ke DPR untuk pengadaan mobil dinas. Pelaksana tugas juru bicara KPK, Ali Fikri, menyebut kendaraan roda empat itu untuk pimpinan dan jajaran petinggi Korps Antirasuah.
 
"Dalam anggaran KPK 2021, informasi yang kami terima benar telah ada persetujuan DPR terkait anggaran pengadaan mobil dinas jabatan untuk pimpinan, Dewan Pengawas KPK, dan pejabat struktural di lingkungan KPK," kata Ali saat dikonfirmasi, Kamis, 15 Oktober 2020.
 
Ali menyebut rincian anggaran masih dibahas. Khususnya terkait pagu anggaran masing-masing unit mobil dinas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat ini belum final," ujar Ali.
 
Ali mengatakan jumlah unit mobil disesuaikan dengan peraturan komisi mengenai organisasi dan tata kerja (Ortaka). Regulasi tersebut masih diselaraskan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM). Selain itu, Ali menegaskan harga tiap mobil juga tidak sembarangan diajukan.
 
Baca:Komisi III Setujui Pengadaan Mobil Dinas KPK
 
"Besaran harga tentu akan mengacu pada standar biaya sebagaimana Peraturan Menteri Keuangan dan katalog elektronik Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP)," ujar Ali.
 
KPK mengusulkan anggaran mobil dinas 3.500 cc untuk ketua KPK senilai Rp1,4 miliar. Sementara itu, wakil ketua KPK mendapat mobil dinas senilai masing-masing Rp1 miliar. Sedangkan mobil Dewas KPK dianggarkan masing-masing Rp702 juta.
 
Anggota Komisi III Arsul Sani membenarkan pengadaan mobil dinas KPK tersebut. Pihaknya menyetujui jumlah anggaran yang diajukan untuk pengadaan itu.
 
"Kami setujui adalah kebutuhan anggaran pengadaan mobil KPK secara keseluruhan, bukan alokasi mobilnya untuk siapa, harganya masing-masing berapa dan jenis atau mereknya apa," ujar Arsul.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif