Anggota Pansus RUU Pemilu Fraksi PPP Achmad Baidowi--MI/Susanto
Anggota Pansus RUU Pemilu Fraksi PPP Achmad Baidowi--MI/Susanto

Penggunaan Kotak Suara Transparan Disebut untuk Minimalisir Kecurangan

Nasional kotak suara revisi uu pemilu
Damar Iradat • 03 Agustus 2017 16:08
medcom.id, Jakarta: Anggota Pansus RUU Pemilu Fraksi PPP Achmad Baidowi menegaskan aturan penggunaan kotak suara transparan sudah melalui evaluasi. Itu dilakukan untuk meminimalisir kecurangan.
 
"Ternyata, hasil penilaian dan evaluasi kami, salah satu titik krusialnya itu ada pada kotak suara," kata Baidowi kepada Metrotvnews.com, Kamis, 3 Agustus 2017.
 
Ia menjelaskan, dalam proses Pemilu sebelumya, kecurangan banyak ditemukan saat hasil rekapitulasi bertingkat. Saat itu, rekapitulasi suara bisa berubah di tingkat desa dan kecamatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Oleh karena itu, dengan penggunaan kotak suara transparan, kata dia, dipastikan bakal meminimalisir kecurangan tersebut. Ia meminta semua pihak bisa memahami aturan tersebut.
 
"Kalau sudah transparan kan tidak bisa diotak-atik, karena sudah dilihat dari luar," tutur dia.
 
Baidowi menambahkan, jika persoalannya ada pada biaya pembuatan kotak suara transparan, hal tersebut sebetulnya bisa ditangani. Ia meminta jangan seolah-olah aturan tersebut dijadikan kambing hitam.
 
"Kita membahas ini secara sadar, seksama, dan teliti. Termasuk kemarin dibilang pasal selundupan, itu tuduhan ngawur itu," tegas Baidowi.
 
(Baca juga:KPU tak Diajak Bahas Aturan Kotak Suara Transparan di DPR)
 
Dihubungi terpisah, Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, aturan penggunaan kotak suara transparan sejatinya tidak terlalu berpengaruh. Pasalnya, semua orang bisa melihat proses pemungutan dan penghitungan suara.
 
"Memasukkan surat suara ke kotak pun ada petugasnya, bukan dilihat dari jauh," ujar dia.
 
Namun begitu, Arief mengakui jika KPU bakal mengkaji aturan tersebut. KPU siap menjalankan amanat Undang-Undang yang baru saja disahkan DPR itu.
 
Pegadaan kotak suara transparan ini tak lepas dari aturan yang tercantum dalam Pasal 341 ayat 1 huruf (a) Undang-Undang Penyelenggaraan Pemilu. Pasal itu menyebutkan bahwa perlengkapan kotak suara untuk pemungutan suara harus bersifat transparan yang bermakna bahwa isi kotak suara harus terlihat dari luar.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif