Akseptasi Demokrasi Bertumpu ke Pemerintah

Yogi Bayu Aji 26 April 2018 17:01 WIB
demokrasi
Akseptasi Demokrasi Bertumpu ke Pemerintah
Diskusi 20 Tahun Reformasi: Demokrasi di Simpang Jalan di Gedung Metro TV. Foto: Medcom.id/Yogi Bayu Aji.
Jakarta: Selama 20 tahun reformasi, sistem demokrasi dianggap yang paling ideal diterapkan di Indonesia. Namun, akseptasi terhadap sistem politik ini amat bertumpu kepada performa pemerintah.

"Kepuasan demokrasi naik saat ekonomi baik. Ketika ada masalah ekonomi, inflasi,  penerimaan publik terhadap demokrasi berkurang," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam diskusi "20 Tahun Reformasi: Demokrasi di Simpang Jalan", di Gedung Metro TV, Jakarta Barat, Kamis, 26 April 2018. 

Menurut dia, pada survei nasional terakhir, 70 persen responden menerima demokrasi. Sistem politik ini sejatinya masih dianggap tidak sempurna, tetapi masih yang terbaik. 


Dia menjelaskan ada tren positif dalam akseptasi terhadap demokrasi. Pasalnya, pada 2013, hanya 58 persen responden yang menerima demokrasi dan sekitar 55 persen di 2012.

Eksistensi demokrasi, kata dia, tergantung pada kestabilan ekonmi. Hal ini terlihat saat krisis global 2008 dan kenaikan bahan bakar minyak (BBM) di 2013. Masalah ekonomi di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyebabkan penurunan akseptasi ke demokasi .

Baca: Demokrasi Indonesia Lebih Kuat Dibanding Turki dan Mesir

Sinyalemen serupa juga terjadi pada era Presiden Joko Widodo. Penerimaan masyarakat ke demokrasi turun saat inflasi di 2015. Namun, akseptasi perlahan naik seiring perbaikan kinerja Presiden. 

"Pemerintahan siapa pun yang gagal memenuhi ekspektasi ekonomi, tingkat kepuasan terhadap demokrasi turun," jelas dia.

Di sisi lain, kepuasan masyarakat kepada partai politik tak berpengaruh pada demokrasi. Walau kinerja elite di Kompleks Parlemen tak memuaskan, sistem demokrasi tetap dinilai perlu dipertahankan. 





(OGI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360