Pertemuan partai Konservatif Inggris dengan PDI Perjuangan. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri.
Pertemuan partai Konservatif Inggris dengan PDI Perjuangan. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri.

Delegasi Partai Penguasa Inggris Belajar ke PDI Perjuangan

Nasional pdi perjuangan
Arga sumantri • 19 Februari 2019 12:40
Jakarta: PDI Perjuangan menerima kunjungan delegasi partai penguasa Inggris Raya, Partai Konservatif yang dipimpin Simon Burns. Pertemuan berlangsung di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.
 
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan pertemuan kali ini dalam rangka dialog luar negeri antarpartai. Pertemuan juga dalam rangka membangun persaudaraan dunia, menjalankan politik luar negeri bebas aktif.
 
"Kami harapkan dengan kerja sama ini semakin terbuka wawasan yang luas bagi seluruh kader-kader PDI Perjuangan," kata Hasto di Kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Februari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam pertemuan, PDI Perjuangan dan Partai Konservatif saling bertukar pikiran tentang praktik demokrasi yang dijalankan di negara masing-masing. Pertemuan juga membahas soal keberlangsungan hubungan bilateral antara pemerintahan Inggris dengan Indonesia.
 
Hasto mengatakan delegasi Partai Konservatif juga menanyakan situasi politik terkini Tanah Air. Lebih spesifik, kata Hasto, delegasi Partai Konservatif Inggris juga bertanya tentang pemilu serentak yang pertama di Indonesia.
 
"Kami pastikan semua akan berjalan dengan baik, dengan aman, dan kami mencoba untuk terus berjuang meningkatkan kualitas demokrasi di Indonesia," ujar dia.
 
Baca: Megawati Sentil Timses Prabowo
 
Simon Burns membawa koleganya Nick De Bois. Rombongan Partai Konservatif Inggris juga didampingi koleganya dari Partai Liberal Australia Ian Hanke, yang sekaligus konsultan program dari Westminster Foundation for Democracy.
 
Nick De Bois senang bisa berkunjung ke PDI Perjuangan. Nick ingin belajar dan melihat langsung bagaimana praktik demokrasi dan prinsip internasionalisme yang dipegang Partai Banteng itu.
 
"Kami ingin belajar banyak bagaimana negara sebesar Indonesia bisa berdemokrasi," kata Nick.
 
Ian Hanke juga serupa. Ia menyatakan tujuan utama kedatangan delegasi ini adalah untuk mempelajari tentang demokrasi di Indonesia. "Berdiskusi bagaimana demokrasi selanjutnya di negeri ini," kata Ian.
 
Sementara itu, selain Hasto, pertemuan dengan Partai Komservatif Inggris juga dihadiri sejumlah anggota Parlemen dari PDI Perjuangan, yakni Juliari Batubara, Budiman Sudjatmiko, Rieke Diah Pitaloka, dan Eva Kusuma Sundari. Hadir pula sejumlah pengurus partai dan calon legislator (caleg) seperti Heri Akhmadi, Dedy Yevri Sitorus, dan Kiki Taher. Beberapa caleg berlatar belakang purnawirawan TNI juga tampak hadir.
 

 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi