Kamp Al-Hol di Suriah menjadi tempat tinggal keluarga dari anggota ISIS. Foto: AFP
Kamp Al-Hol di Suriah menjadi tempat tinggal keluarga dari anggota ISIS. Foto: AFP

Ketua MPR Dukung Pemulangan WNI Eks ISIS

Nasional isis wni gabung isis
Kautsar Widya Prabowo • 05 Februari 2020 18:22
Jakarta: Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung wacana pemulangan Warga Negara Indonesia (WNI) eks ISIS. Pada dasarnya negara bertanggung jawab atas keberadaan setiap warga negaranya.
 
"Sejauh itu sudah dipertimbangkan masak-masak, terkait dengan ancaman pengaruh radikalisme," ujar Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 5 Februari 2020.
 
Persiapan yang matang dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan lembaga terkait penanggulangan radikalisme merupakan syarat mutlak. Menurut Bamsoet, masalah pokok yakni setelah para WNI itu dipulangkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagaimana perlakuan pemerintah bagi mereka ke depan. Agar sepulangnya WNI eks ISIS ke Indonesia dapat diajarkan pendidikan terkait ideologi Pancasila.
 
Ketua MPR Dukung Pemulangan WNI Eks ISIS
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet). Foto: Medcom.id/Cindy
 
"Yang penting kita punya tolok ukur, punya parameter mereka bisa kembali lagi kepada nilai-nilai Pancasila, nilai-nilai kebangsaan, nilai-nilai kehidupan berbangsa dan bernegara," tuturnya.
 
Lebih lanjut, politikus Golkar mengaku tidak khawatir jika kepulangan WNI eks ISIS membawa pengaruh negatif. Sebab jika memang dipulangkan, pemerintah tentu punya langkah taktis mencegah hal itu terjadi.
 
Lagipula, sudah menjadi kewajiban negara untuk merangkul seluruh warga. Meski mereka memiliki latar belakang yang buruk.
 
"Menjadi tugas negara melakukan pendidikan kebangsaan kembali kepada mereka. Jadi enggak ada yang perlu dikhawatirkan, saya tidak terlalu khawatir," pungkasnya.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif