Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Kemendagri Ingatkan KPU: Jaga Kerahasiaan Data Pribadi Masyarakat

Yakub Pryatama Wijayaatmaja • 04 Oktober 2022 06:49
Jakarta: Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar menilai ada beberapa persoalan mengenai rancangan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang mesti diperhatikan. Misalnya, soal kemanan data pribadi dalam proses pencalonan perseorangan.
 
"Jangan sampai memberi dukungan dan potensi adanya kebocoran data pribadi," kata Bahtiar dalam rapat dengar pendapat dengan DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 3 Oktober 2022.
 
Ia mengingatkan, KPU harus berhati-hati dalam proses verifikasi calon perseorangan peserta pemilu. Proses ini jangan sampai menimbulkan kerugian masyarakat, terutama soal pencatutan nama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sehingga perlu dijamin data kerahasiaan, data pribadi masyarakat yang dikumpulkan KTP-KTP itu," ungkap dia.
 

Baca: Pengamat Nilai Penggunaan Video Call dalam Verifikasi Data Parpol Jadi Pilihan Terakhir


RDP tersebut juga menyepakati Rancangan PKPU tentang Penyusunan Daftar Pemilih dalam Penyelenggaraan Pemilu, Rancangan PKPU tentang Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu dan Pilkada. Kemudian, Rancangan PKPU tentang Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD di tingkat kabupaten/kota dalam Pemilu, serta Rancangan PKPU tentang Pencalonan Perseorangan Peserta Pemilu Anggota DPD.
 
Selain Bahtiar, RDP dihadiri oleh Ketua KPU Hasyim Asy'ari beserta anggota, lalu Ketua Bawaslu Rahmat Bagja beserta anggota, dan Ketua DKPP Heddy Lugito beserta anggota.
 
(AGA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif