Presiden Joko Widodo. Dok: Medcom.id
Presiden Joko Widodo. Dok: Medcom.id

Jokowi: Saatnya Kerja, Belajar, dan Ibadah di Rumah

Nasional Virus Korona
Theofilus Ifan Sucipto • 15 Maret 2020 14:46
Jakarta: Presiden Joko Widodo mendorong masyarakat mengambil jarak sosial untuk mencegah penyebaran virus korona (covid-19). Salah satunya beraktivitas dari rumah untuk sementara.
 
“Ini saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu 15 Maret 2020.
 
Jokowi mengatakan momen ini tepat untuk saling bekerja sama dan gotong royong. Dia ingin masyarakat berpartisipasi agar covid-19 tak menyebar lebih luas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Saya minta tetap tenang, tidak panik, produktif, dan meningkatkan kewaspadaan agar covid-19 bisa dihambat dan disetop,” ucap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.
 
Dia menginstruksikan kepala daerah mengatur aparatur sipil negara (ASN) agar bisa bekerja dari rumah untuk menekan penyebaran virus. Instruksinya ini telah dijalankan sejumlah kementerian/lembaga dan beberapa daerah.
 
"Buat kebijakan tentang sebagian ASN bisa bekerja dari rumah dengan menggunakan interaksi online," ujar Jokowi.
 
Namun, Jokowi tidak ingin pelayanan kepada masyarakat terbengkalai. Dia ingin sistem kerja diatur sedemikian rupa agar seluruh pelayanan tidak terganggu.
 
Baca: Menteri PANRB Perbolehkan ASN Kerja di Rumah
 
Upaya pemerintah Indonesia dalam mencegah penyebaran virus korona covid-19 dipuji oleh Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus. Namun dirinya menyarankan Indonesia menerapkan status darurat nasional.
 
Ghebreyesus menegaskan, untuk melawan virus ini, setiap negara harus mengambil pendekatan yang didesain untuk memperlemah virus korona. Salah satu langkahnya adalah mempratikkan ambil jarak sosial.
 
Baca: Erick Thohir Bolehkan Pegawai Kementerian BUMN Kerja dari Rumah
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif