Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro. (MI/Susanto)
Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro. (MI/Susanto)

Pemangkasan Eselon Demi Profesionalitas ASN

Nasional Perampingan Pejabat Eselon
Media Indonesia • 01 Desember 2019 18:41
Jakarta: Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menyebut pemangkasan eselon III dan IV merupakan bagian dari menciptakan profesionalitas Aparatur Sipil Negara (ASN). Birokrat akan diarahkan menjadi fungsional.
 
"Jadi ke profesionalitasnya dan ke jabatan fungsional ketimbang struktural," kata Siti saat dihubungi, Jakarta, Minggu, 1 Desember 2019.
 
Menurut dia, pemangkasan eselon semacam memberikan tanggung jawab lebih kepada eselon I dan II. Mereka harus menjadi pemimpin profesional dan menjaga netralitasnya seperti diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"ASN juga tidak berorientasi berpolitik taktis. Lalu orientasinya dialihkan kepada fungsi sehingga dibuka peluang jadi fungsional. Sedangkan, struktural bahayanya kalau mandek atau tidak lancar. Sebetulnya bagus," ujar dia.
 
Pemangkasan eselon diyakini dapat merampingkan birokrasi dan membuat birokrasi tidak terbelah. Kebijakan ini juga dinilai dapat mengubah cara berpikir ASN.
 
"Sehingga bisa mengubah mindset ASN, yang tidak melulu perihal jabatan. Perampingan bagus karena ada efisiensi dan efektivitas lalu tidak membiarkan disfungsi. Lagian ngapain birokrasi gemuk-gemuk banget tugasnya enggak ada. Terlebih saat ini era digital governance dan paperless," ungkap dia.
 
Siti mencontohkan birokrasi di Singapura yang dinilai sudah jauh lebih baik. Birokrasi di salah satu negara terkecil tersebut sudah sangat maju, dan tidak ada yang berpikir ke arah politik.
 
"Sehingga perlu membangun birokrasi secara profesional dan netral secara politik. Karena memang sudah menghayati betul dan memang gajinya yang belum setara," pungkas dia. (M. Iqbal Al Machmudi/MI)
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif