Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding - MI/M Irfan.
Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding - MI/M Irfan.

Gerindra Mestinya Tak Minta Kursi Ketua MPR

Nasional mpr kabinet jokowi presiden jokowi
Whisnu Mardiansyah • 19 Juli 2019 15:32
Jakarta: Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding mengatakan Partai Gerindra tak ideal meminta jatah kursi ketua MPR. Gerindra semestinya sadar sebagai pihak yang kalah di Pemilu Serentak 2019 tak minta jatah kursi pimpinan Parlemen.
 
"Partai-partai yang sejak awal memilih berbeda dengan Pak Jokowi mestinya sudah menyiapkan diri untuk menjadi partai oposisi kalau dia kalah. Itu akan memperlihatkan karakter dan identitas dari partai tersebut," kata Karding saat dihubungi, Jumat, 19 Juli 2019.
 
Karding menyebut siapa pun kontestan yang kalah harus siap menjadi oposisi tanpa merengek meminta jatah kursi. Jika pembagian kursi alasannya adalah rekonsiliasi, maka perlu dipertanyakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca juga:PDIP Tak Ngoyo Ingin Kursi Ketua MPR)
 
Dia menegaskan rekonsiliasi adalah prinsip dasar berbangsa dan bernegara untuk persatuan dan kesatuan. "Kita ingin sebagai bagian dari politik bangsa kita menjaga persatuan maka kita perlu bertemu, kita perlu bekerja sama, tapi tidak sampai pada power sharing," ujar Karding.
 
Karding menyebut partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK) perlu berembuk untuk memberikan posisi ketua MPR pada Gerindra. Tapi, apabila sekadar usulan sah-sah saja.
 
"Jadi kita tunggu saja. Tetapi sekali lagi sebagai sebuah gagasan ini sesuatu hal yang baik memperkaya diskursus politik di alam demokrasi kita," pungkas dia.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif