Presiden Joko Widodo memimpin rapat koordinasi penanganan banjir Jakarta di Istana Kepresidenan, Rabu, 8 Januari 2020. Medcom/Damar Iradat.
Presiden Joko Widodo memimpin rapat koordinasi penanganan banjir Jakarta di Istana Kepresidenan, Rabu, 8 Januari 2020. Medcom/Damar Iradat.

Jokowi Suruh Anies Rampungkan Proyek Sodetan Ciliwung

Nasional sodetan ciliwung
Damar Iradat • 08 Januari 2020 17:20
Jakarta: Presiden Joko Widodo memerintahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mempercepat proyek sodetan Ciliwung menuju Banjir Kanal Timur (BKT). Ia berharap tahun ini proyek sodetan itu rampung.
 
"Yang berkaitan dengan Jakarta saya minta yang sodetan Ciliwung menuju ke BKT itu juga tahun ini bisa dirampungkan," kata Jokowi saat rapat koordinasi dengan sejumlah kepala daerah di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 8 Januari 2020.
 
Jokowi mengatakan Anies harus menyelesaikan masalah pembebasan lahan di pinggiran Sungai Ciliwung. Ia juga meminta proyek naturalisasi atau normalisasi yang telah dikerjakan Pemprov DKI dirampungkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dan juga pengerjaan-pengerjaan meneruskan kembali, baik normalisasi maupun naturalisasi di sungai-sungai yang ada di Jakarta," tuturnya.
 
Jokowi mewanti-wanti Anies agar tak terpaku menangani masalah Sungai Ciliwung. Kepala Negara mengingatkan ada belasan sungai yang perlu dibenahi di Ibu Kota, seperti Sungai Pesanggarahan, Sungai Cipinang, Sungai Buaran, dan Sungai Mookervaart.
 
Masalah banjir Jakarta tak bisa diselesaikan sendiri. Pemprov DKI harus bekerja sama dengan Pemprov Jawa Barat dan Pemprov Banten.
 
"Saya berharap semuanya bisa bekerja sama dengan baik dalam menyelesaikan masalah banjir yang ada di Ibu Kota, tanpa kerja sama itu saya kira penyelesaiannya tidak akan komprehensif dan tidak akan bisa menyelesaikan masalah," pungkasnya.
 
Enam kepala daerah hadir dalam rapat koordinasi itu, seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Banten Wahidin Halim, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin, dan Wali Kota Bekasi Rachmat Effendy.
 
Selain kepala daerah, Jokowi memanggil sejumlah menteri. Mereka yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Doni Monardo.
 

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif