Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Kominfo Didesak Blokir Semua Akun Media Sosial Penista Agama

Andhika Prasetyo • 27 Maret 2022 17:28
Jakarta: Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo mendesak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memblokir semua akun media sosial yang terindikasi menista agama. Langkah pencegahan penting sebelum menyebarnya konten yang memicu kegaduhan di ruang publik.
 
"Kami berharap Kominfo bisa segera memproses semua, segera memblokir semua karena hal seperti ini tidak boleh dibiarkan. Ini bisa merusak keutuhan hidup berbangsa dan beragama,” ujar Benny melalui keterangan tertulis, Minggu, 27 Maret 2022.
 
Ia mengatakan media sosial harus digunakan sebagai instrumen untuk merajut kemajemukan, serta sarana membangun kemajuan. Media sosial tak boleh menjadi alat pemecah belah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pernyataan ini merespons polemik seorang pendeta, Saifudin Ibrahim, meminta Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menghapus 300 ayat di Al-Qur'an. Benny berharap setiap penista agama di Tanah Air diproses seusai hukum yang berlaku.
 
"Dia harus diproses di pengadilan. Hukum harus ditegakkan untuk menjamin persatuan dan kesatuan bangsa," tegas dia.
 
Baca: Pembahasan RUU TPKS Akan Dilakukan dari Pagi hingga Malam
 
Benny menyatakan para penista agama sebenarnya telah mengkhianati sila pertama, Ketuhanan yang Maha Esa. Sebagai bangsa yang terdiri dari beragam kelompok agama, sudah seharusnya masyarakat saling menghormati dan menghargai satu sama lain.
 
Penganut suatu agama tidak perlu mencampuri apalagi memaksakan kehendaknya kepada penganut agama lain. Sebagai pendeta, tegas dia, Saifuddin tidak punya otoritas dan pengetahuan akan Al-Qur'an. 
 
"Kitab suci itu harus tahu bahasa aslinya dan dilihat konteksnya secara menyeluruh," jelas Benny.
 
Ia meyakini seluruh agama menyerukan kepada umatnya untuk berbuat kebaikan. Bukan justru membuat ujaran kebencian dan melakukan provokasi.
 
"Karena orang yang mencintai Tuhannya, apa pun agamanya, dia pasti mencintai sesama manusia," ucap Benny.
 
(AGA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif