Presiden Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR Tahun 2020. Dok. Biro Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR Tahun 2020. Dok. Biro Sekretariat Presiden

PAN: Jokowi Ingin DPR Setel Ulang Pengawasan dan Legislasi

Nasional jokowi Virus Korona Pemulihan Ekonomi Sidang Tahunan MPR RI 2020
Nur Azizah • 14 Agustus 2020 13:15
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut Indonesia perlu mengatur ulang kebijakan kesehatan dan ekonomi dalam pidato di Sidang Tahunan MPR Tahun 2020. Partai Amanat Nasional (PAN) menilai Jokowi ingin DPR turut mengatur ulang proses perundang-undangan.
 
"Saya kira apa yang disampaikan Presiden, reseting (set ulang) dan lompatan itu, disampaikan di hadapan anggota dewan dalam hal ini merupakan pemicu bagi kita. Agar reseting itu diikuti legislasi-legislsi untuk mendukung," kata Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno, di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Jumat, 14 Agustus 2020.
 
Eddy menilai reset yang dimaksud Jokowi termasuk pengawasan anggaran dan kinerja pemerintah. Apalagi, Jokowi banyak menyebut dampak covid-19 dalam pidato kepresidenan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi menyebut covid-19 tak hanya berdampak pada kesehatan, tapi juga ekonomi Indonesia. Covid-19 menyebabkan krisis terparah dalam sejarah di berbagai belahan dunia. Termasuk Indonesia.
 
"Di kuartal pertama 2020, pertumbuhan ekonomi negara kita masih plus 2,97 persen, tapi di kuartal kedua kita minus 5,32 persen," kata Jokowi.
 
Baca: Jokowi: Ibarat Komputer, Perekonomian Semua Negara Hang
 
Kendati begitu, Jokowi bersyukur Indonesia tidak mengalami resesi. Ia meminta seluruh pihak menjadikan pandemi momentum untuk mengejar ketertinggalan.
 
Ibarat komputer, perekonomian semua negara saat ini sedang macet atau hang. Semua negara harus mereset dan booting ulang komputer agar bisa berjalan normal.
 
"Semua negara mempunyai kesempatan men-setting ulang semua sistemnya," ungkap Jokowi.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif