Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Alat Kelengkapan DPR Dibagi Proporsional

Nasional Pelantikan Anggota DPR
Arga sumantri • 08 Oktober 2019 13:11
Jakarta: Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad memastikan alat kelengkapan dewan (AKD) DPR dibagi proporsional. Metodenya seperti konversi kursi hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.
 
"Perhitungan Sainte Lague itu dan memang dengan perhitungan seperti itu," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 8 Oktober 2019.
 
Dasco menghitung Gerindra mendapat dua kursi ketua dan sembilan wakil ketua komisi. Namun itu baru hitungan kasar, sebab pembahasan belum rampung. Berdasarkan penghitungan Sainte Lague, ada partai yang hasil konversi kursi pimpinan komisinya belum bulat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena ada pembulatan-pembulatan yang kemudian dianggap dari teman-teman meski dikonsultasikan dengan fraksi masing-masing," ujarnya.
 
Misalnya, kata dia, ada partai yang mendapat 2,7 kursi. Nominal ini tengah didiskusikan apakah partai tersebut bakal dibulatkan menjadi tiga kursi atau hanya dua kursi.
 
"Sehingga kita memberikan waktu kepada kawan-kawan di fraksi untuk berkonsultasi dengan fraksi masing-masing, partai masing-masing," ujarnya.
 
Menurut Dasco, belum ada keputusan pembagian AKD bagi masing-masing fraksi. Termasuk pembagian komisi partai yang punya wakil di kursi pimpinan Parlemen.
 
Rapat pembahasan AKD DPR bakal dilanjutkan hari ini. DPR punya 11 Komisi. Ada juga Badan Legislasi, Badan Anggaran, dan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).
 
Sementara pembagian bidang di tingkat pimpinan DPR sudah disepakati. Ketua DPR diisi Puan Maharani yang akan memimpin seluruh bidang komisi.
 
Wakil Ketua DPR dari Golkar Aziz Syamsudin menjadi Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam). Sementara Rachmad Gobel dari NasDem menjadi Koordinator bidang Industri dan Pembangunan (Korimbang).
 
Wakil Ketua DPR dari Gerindra Sufmi Dasco Ahmad jadi Koordinator bidang Ekonomi dan Keuangan. Lalu Wakil Ketua DPR dari PKB Muhaimin Iskandar menjadi Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra).
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif