Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Wantimpres: Tak Ada Kehendak Memperpanjang Masa Jabatan Presiden

Indriyani Astuti • 08 April 2022 23:15
Jakarta: Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Jenderal TNI (Purn) Wiranto menyebut pemerintah maupun DPR tidak pernah melakukan kegiatan yang bertujuan memperpanjang masa jabatan presiden atau menunda pemilu. Pemerintah sibuk mengurusi pandemi covid-19.
 
"Jadi tidak ada sama sekali kehendak membahas perpanjangan masa jabatan tiga periode," ujar Wiranto seusai bertemu dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara di Kantor Wantimpres, Jalan Veteran, Jakarta, Jumat, 8 April 2022.
 
Ia menekankan wacana perpanjangan masa jabatan presiden atau penundaan pemilu tak mudah dilakukan. Sebab, harus terlebih dulu melakukan amendemen konstitusi. Amendemen UUD 1945 harus disetujui mayoritas anggota MPR.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekarang kita berpikir rasional. Kita gunakan rasio kita untuk mencoba apakah itu mungkin? Ternyata memang jawabannya tidak mungkin," ujar dia.
 
Baca: Bertemu BEM Nusantara, Wiranto Sebut Penundaan Pemilu Tidak Mungkin
 
Wiranto menjelaskan MPR terdiri dari DPR ditambah DPD. Ada sembilan partai politik di Senayan. Namun, ia menilai hanya tiga partai yang setuju masa pemilu ditunda, sedangkan eam partai politik lainnya tidak setuju. 
 
"Dibawa ke MPR, ditambah DPD, DPD tidak setuju. Jadi mana mungkin terjadi perubahan amendemen UUD 1945 mengenai jabatan presiden tiga periode?," ucap Wiranto.
 
Wiranto menekankan Presiden Joko Widodo sudah berkali-kali menjawab menolak wacana perpanjanganmasa jabatan. Wiranto juga ragu partai politik di Senayan satu suara soal penundaan pemilu.
 
"Datanya mana? Kita punya data ndak? Ya ndak mungkin. Kalau ada datanya sini kasih ke saya, saya bisa jawab. Tapi kalau ndak ada data itu berarti hanya satu kembali lagi. Satu debatable yang tidak akan selesai. Ya kita bicara rasionalitas," ungkap dia.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif