Ilustrasi rumah sakit/Medcom.id.
Ilustrasi rumah sakit/Medcom.id.

RS Kemenkes Jadi Rujukan Kasus Hepatitis Akut

M Iqbal Al Machmudi • 24 Mei 2022 13:16
Jakarta: Pemerintah menunjuk Rumah Sakit (RS) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sebagai RS rujukan kasus hepatitis akut. Juru bicara Kemenkes Mohammad Syahril menyebut rumah sakit rujukan menangani pasien hepatitis akut gejala berat.
 
"Keputusan Dirjen Kemenkes sudah menunjuk rumah sakit-rumah sakit umum pusat Kemenkes yang tersebar di seluruh provinsi sebagai rumah sakit rujukan hepatitis. Di Jakarta ada rumah sakit Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) dan RSPI Sulianti Saroso," kata Syahril dikutip Media Indonesia, Selasa, 24 Mei 2022.
 
Menurut dia, pemerintah menerapkan metode penanganan penderita hepatitis A-Z. Jika pasien menunjukkan gejala mual muntah atau sakit perut sampai diare, penanganan bisa dilakukan di Puskesmas atau RSUD.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pasien Hepatitis Akut Bertambah 1
 
Jika gejalanya berlanjut urine berwarna coklat cola dan feses seperti keputihan, kemudian ada warna kuning di mata, penanganan bakal lebih intens. Selanjutnya, pasien bakal dibawa ke RS jika mengalami kejang dan penurunan kesadaran.
 
Syahril mengatakan tahapan penanganan kasus hepatitis akut sudah ada dalam tata pelaksanaan yang disusun Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes. Petunjuk pelaksanaan sudah diedarkan di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan, baik RS pemerintah maupun swasta.
 
Menurut dia, dengan protap yang sudah disiapkan pemerintah, Indonesia belum terlambat menghadapi penyakit hepatitis misterius. Masyarakat diminta tak panik.
 
"Dengan kewaspadaan, serta jangan panik, kita tidak terlambat, baik di pihak keluarga, fasilitas pelayanan kesehatan sampai rujukan. Dengan pelayanan yang berjenjang ini, kita akan menekan angka kematian akibat hepatitis akut," kata Syahril.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif