Ketua DPP NasDem Martin Manurung. Foto: Medcom/Fachrie Audhia Hafiez
Ketua DPP NasDem Martin Manurung. Foto: Medcom/Fachrie Audhia Hafiez

NasDem Ingin Kasus Jiwasraya Tak Ganggu Hak Pensiunan

Cahya Mulyana • 09 Desember 2021 07:52
Jakarta: Anggota DPR dari Fraksi Partai NasDem Martin Manurung mengatakan permasalahan di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) tidak boleh mengganggu pembayaran uang pensiun. Hal ini, kata dia, sesuai pesan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.
 
"Pak Surya Paloh pesan ke saya dan secara tegas mengatakan masalah yang terjadi di Jiwasraya tidak boleh memengaruhi hak-hak pensiunan seluruh BUMN (badan usaha milik negara). Apa pun yang terjadi," tegas Martin di Jakarta, Kamis, 9 Desember 2021.
 
Martin menyoroti uang pensiunan PT Superintending Company of Indonesia (Sucofindo). Dia menyebutkan para pensiunan PT Sucofindo memang tidak terlibat dalam pembayaran dana pensiun di Jiwasraya, tetapi perusahaan yang membayarkannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Intinya, masalah Jiwasraya itu tidak boleh memengaruhi manfaat yang diterima, khususnya bagi polis yang tidak ada kaitan dengan bangkrutnya Jiwasraya," ujar Wakil Ketua Komisi VI DPR itu.
 
Baca: Tuntutan Hukuman Mati Koruptor ASABRI Didukung, Asal...
 
Untuk mencari solusi terbaik, dalam waktu dekat, Komisi VI DPR mengadakan rapat bersama Kementerian BUMN. Martin berharap Kementerian BUMN sebagai pemegang saham dan para direksi Sucofindo mencari skema untuk menuntaskan kewajibannya kepada para pensiunan.
 
Sejumlah perwakilan pensiunan PT Sucofindo mengikuti audiensi dengan anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Partai NasDem, pada Rabu, 8 Desember 2021. Mereka mengeluhkan adanya hak karyawan yang dihilangkan.
 
Pembayaran hak pensiun atau jaminan hari tua (JHT) yang kepesertaannya seumur hidup disebut dipangkas menjadi 10-13 tahun pascapensiun. Kemudian, hak kepesertaan kepada janda, duda, dan anak yatim piatu serta penaikan kesejahteraan sebesar lima persen setiap tahun dihilangkan.
 
Martin mengusulkan skema pembayaran dana pensiunan melalui deviden perusahaan atau dengan cara lainnya. Yang pasti, Fraksi NasDem meminta pemegang saham dan direksi mengatur sebaik mungkin skema yang dibuat agar para pensiunan bisa mendapatkan haknya.
 
Legislator dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatra Utara (Sumut) II ini menegaskan akan memperjuangkan aspirasi ribuan pensiunan PT Sucofindo. Salah satu pensiunan PT Sucofindo, Walfon Silitonga, senang dengan respon Fraksi NasDem.
 
"Setelah diterima dan bertemu dengan Fraksi Nasdem, hati kami berbunga-bunga dan saya ingin cepat-cepat sebarkan informasi ini kepada seluruh rekan kami di Indonesia," ucap Walfon.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif