Kabareskrim Polri Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo (tengah). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/hp.
Kabareskrim Polri Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo (tengah). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/hp.

Jalan Komjen Listyo Jadi Kapolri Diyakini Bakal Mulus

Nasional polri Calon Kapolri DPR RI
Fachri Audhia Hafiez • 20 Januari 2021 11:37
Jakarta: Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di DPR hari ini. Jalan Listyo untuk menempati kursi satu di Korps Bhayangkara diyakini bakal mulus.
 
"Kita tahu DPR saat ini diisi oleh partai-partai dari koalisi pemerintah. Dengan demikian, jalan Komjen Listyo Sigit Prabowo akan mulus di DPR RI hingga nanti menjadi kapolri baru," kata pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin dalam keterangan tertulis, Rabu, 20 Januari 2021.
 
Menurut Ujang, Listyo akan menghadapi beberapa tantangan saat menjabat. Tantangan berpotensi datang dari internal Polri dan eksternal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tantangan internal berupa reformasi di institusi kepolisian. Listyo mesti mencegah isu politik yang kerap menyentuh Polri.
 
"Tidak hanya secara kelembagaan, tapi saya melihat banyak friksi, banyak office politiknya, banyak intrik politiknya," ujar Ujang.
 
Baca: 8 Komitmen Komjen Listyo, Jadikan Polri Presisi
 
Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu mengatakan tantangan internal ini harus diselesaikan secara elegan. Terlebih, Listyo melewati banyak jenderal senior di internal Polri.
 
"Agar persaingan antar angkatan di internal Polri tidak terjadi," ucap dia.
 
Tantangan eksternal berupa persoalan kebangsaan. Mulai dari persoalan keamanan, penegakan hukum yang banyak mendapat sorotan, ekstremisme, terorisme, pelanggaran hak asasi manusia (HAM), korupsi, dan lain-lain.
 
"Tantangan-tantangan ini perlu diselesaikan dengan baik oleh Kapolri baru. Sehingga kepercayaan masyarakat kepada institusi Polri bisa kembali pulih," ucap dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif