Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan. Foto: Medcom.id/Whisnu Mardiansyah
Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan. Foto: Medcom.id/Whisnu Mardiansyah

Demokrat Meyakini Pemilihan Langsung Cara Terbaik

Nasional Amendemen UUD 45
Nur Azizah • 02 Desember 2019 22:29
Jakarta: Partai Demokrat menolak pemilihan umum maupun kepala daerah dilakukan secara tak langsung. Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan meyakini pemilihan langsung merupakan cara terbaik.
 
"Demokrasi adalah jalan terbaik. Pemilihan presiden dan kepala daerah secara langsung merupakan cara terbaik yang telah dipilih rakyat untuk membangun Indonesia yang lebih baik," kata Hinca di Jakarta, Senin, 2 Desember 2019.
 
Hinca menegaskan Demokrat berikrar untuk selalu setia, menghormati, dan membela kedaulatan rakyat. Menurut dia, kedaulatan rakyat bukan pemberian yang bisa sewaktu-waktu dicabut negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hak-hak kedaulatan rakyat yang telah diakui dan dijamin konstitusi justru menimbulkan kewajiban pada negara untuk melindungi dan memenuhinya," ujar dia.
 
Partai yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini menolak pemilihan presiden melalui MPR. Ia menganggap wacana itu bentuk pengkhianatan terhadap rakyat.
 
"Pemilihan Presiden oleh MPR jelas merupakan kemunduran demokrasi dan melukai serta menyakiti rakyat. Pemilihan Presiden secara Iangsung oleh rakyat itu adalah konsensus bangsa untuk tidak mengulangi lagi sejarah kelam kehidupan bangsa dan negara di masa lalu," papar Hinca.
 
Tak hanya itu, partai berwarna biru ini juga menolak pemilihan gubemur/Bupati dan Walikota secara tidak Iangsung. Rakyat memiliki hak memilih secara Iangsung pemimpin di daerahnya untuk menentukan dan merencanakan masa depan daerahnya.
 
"Partai Demokrat menolak perpanjangan masa jabatan presiden menjadi tiga periode. Belajar dari pengalaman sejarah bangsa kita dua kali masa jabatan presiden adalah yang paling tepat den dinilai cukup," ujar dia.
 
Hinca berpendapat kekuasaan presiden yang terialu lama cenderung disalahgunakan.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif