Presiden PKS Sohibul Iman. Foto: Medcom.id/Deny Irwanto
Presiden PKS Sohibul Iman. Foto: Medcom.id/Deny Irwanto

PKS: Kekuasaan Harus Dibatasi

Nasional Amendemen UUD 45
Arga sumantri • 27 November 2019 09:42
Jakarta: Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menolak wacana penambahan masa jabatan presiden maksimal menjadi tiga periode. Wacana yang muncul dalam amendemen Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 itu dianggap berbahaya.
 
"PKS berkomitmen untuk menjaga semangat reformasi dan demokrasi dengan membatasi kekuasaan, bukan memperbesar kekuasaan, agar tidak terjadi penyalahgunaan kekuasaan," kata Presiden PKS Sohibul Iman di Jakarta, Rabu, 27 November 2019.
 
PKS, jelas dia, juga menolak bila ada yang ingin mengembalikan pemilihan presiden dan wakil presiden kepada MPR. Langkah itu dinilai bisa membuat mundur demokrasi yang sudah terbangun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, PKS masih menampung aspirasi wacana amendemen UUD 1945. Namun, ia menegaskan amendemen harus didasari kehendak rakyat, bukan semata kepentingan elite atau kelompok tertentu. Amendemen juga harus melibatkan banyak pakar.
 
"Sebagaimana pernah bangsa Indonesia lakukan pada amendemen UUD 1945 I, II, III, dan IV pada periode 1999-2002 pasca-Reformasi 1998," ujar Rektor Universitas Paramadina 2005–2007 itu.
 
Wakil Ketua MPR Arsul Sani menyebut lembaga perwakilan rakyat masih menampung aspirasi terkait rencana amendemen UUD 1945. Salah satu usulan yang masuk, presiden bisa dipilih tiga kali dari sebelumnya hanya dua kali.
 
Selain itu, kata Arsul, usulan masa jabatan presiden hanya satu periode mencuat. Namun, lama masa jabatan presiden menjadi delapan tahun dari sebelumnya lima tahun.
 
Menurut Arsul, belum ada kesimpulan terkait poin yang akan diubah. Pasalnya, ada pihak yang ingin amendemen terbatas Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN), tetapi usulan amendemen tidak terbatas GBHN juga mencuat.
 


 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif