anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini. Medcom.id/M Sholahadhin Azhar
anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini. Medcom.id/M Sholahadhin Azhar

Pemerintah-DPR Diminta Legawa soal Jadwal Pemilu 2024

Tri Subarkah • 23 Januari 2022 13:08
Jakarta: Anggota Dewan Pembina Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini meminta pemerintah dan DPR berbesar hati serta membiarkan Komisi Pemilihan Umum menentukan jadwal Pemilu 2024. KPU diyakini sudah mempertimbangkan segala aspek demi kebaikan kualitas dan integritas hajatan demokrasi yang begitu kompleks.
 
"Jadi, untuk hari pemungutan suara ini, sebaiknya pemerintah dan DPR legawa membiarkan KPU mengeksekusi kewenangannya," kata Titi kepada Media Indonesia, Minggu, 23 Januari 2022.
 
Titi menuturkan kemandirian KPU menyelenggarakan pemilu termaktub dalam Pasal 167 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Ketentuan tersebut memberikan otoritas penuh untuk memutuskan hari pemungutan suara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, KPU tidak boleh semena-mena menetapkan tanggal pemilu. Keputusan tetap harus melalui prosedur yang demokratis, seperti melakukan simulasi teknis, memperhitungkan beban kerja petugas, dampak keamanan, dan stabilitas politik.
 
Titi menyebut KPU harus segera memutuskan tanggal pemungutan suara berdasarkan keyakinan profesional terbaik yang dimiliki. Hal itu bila telah melakukan proses partisipatif berkonsultasi dengan pemangku kepentingan dan mendengarkan masukan berbagai pihak.
 
Dia menyebut meski KPU wajib melakukan konsultasi dengan pemerintah dan DPR, hasil konsultasi tidak bersifat mengikat. Hal itu merujuk pada Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 92/PUU-XIV/2016.
 
Titi menegaskan pemerintah dan DPR tidak bisa memaksa KPU mengikuti kehendak mereka. "Justru kalau publik melihat ada pemaksaan dari salah satu pihak atau keduanya, akan jadi stigma buruk yang memengaruhi kepercayaan publik terhadap independensi KPU dan kualitas penyelenggaraan Pemilu 2024," tegas dia.
 
Baca: Rapat Penetapan Jadwal dan Tahapan Pemilu 2024 Digelar Besok
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif