Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga. Branda Antrara
Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga. Branda Antrara

Menteri PPPA Dorong Semua Pihak Jadi Agen Pemberdayaan Perempuan

Antara • 19 Maret 2022 06:15
Jakarta: Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga meminta semua pihak untuk menjadi agen pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender mulai dari lingkungan terdekat. Perempuan dapat mencapai kemajuan bila semua pihak menyatukan kekuatan untuk saling mendukung, saling berbagi, saling menginspirasi, dan saling memotivasi karena dengan saling berdaya dan memberdayakan satu sama lain.
 
"Kami juga berharap seluruh pihak, baik perempuan maupun laki-laki, dapat menjadi agen pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender, dimulai dari hal terkecil di lingkungan terdekat, seperti keluarga, pertemanan, pekerjaan, maupun kehidupan bermasyarakat secara lebih luas," kata Menteri PPPA Anak Bintang Puspayoga melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, 18 Maret 2022.
 
Bintang menjelaskan bahwa Pemerintah telah mendorong pencapaian kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Dia mengatakan RPJMN mengarusutamakan tujuan pembangunan berkelanjutan sebagai bagian tidak terpisahkan dalam agenda pembangunan Indonesia ke depan, termasuk mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan kaum perempuan dan anak perempuan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Transformasi Digital Beri Akses Luas bagi Perempuan
 
Namun, lanjut Bintang, berbagai data masih menunjukkan kesenjangan perempuan dalam berpartisipasi menentukan arah pembangunan.
 
Dia juga menyayangkan kesenjangan perempuan dalam mengakses, berpartisipasi, ikut menentukan arah pembangunan, serta menikmati manfaat pembangunan masih terus terlihat dari tahun ke tahun melalui berbagai data dan indeks, seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Indeks Pembangunan Gender (IPG), Indeks Pemberdayaan Gender (IDG), dan Indeks Perlindungan Anak yang menjadi pekerjaan rumah untuk menyelesaikannya.
 
Bintang optimistis hal tersebut bisa diselesaikan. Salah satunya dengan adanya Womenpreneurs Indonesia Network (WIN) Academy dan Sekolah Perempuan Sekuntum Melati yang baru diresmikan.
 
Menteri PPPA menilai peresmian WIN Academy dan Sekuntum Melati gelombang ke-3 merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi lintas sektor untuk memberdayakan perempuan dan mewujudkan perempuan yang mandiri, tangguh, dan berdaya saing. Dia berharap peresmian ini dapat meningkatkan keterampilan dan kapasitas usaha menengah, kecil, dan mikro (UMKM) perempuan, serta mempersiapkan peningkatan dan digitalisasi bisnis perempuan.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif