Sputnik V, vaksin Covid-19 buatan Rusia. AFP
Sputnik V, vaksin Covid-19 buatan Rusia. AFP

Berkunjung ke Rusia, Pimpinan MPR 'Kejar' Vaksin Sputnik V

Nasional MPR rusia vaksinasi vaksin covid-19 Vaksin Sputnik V
Anggi Tondi Martaon • 25 Mei 2021 20:43
Jakarta: Pimpinan MPR melakukan kunjungan ke Rusia. Ada beberapa hal yang dikejar rombongan MPR ke Negeri Beruang Putih tersebut, salah satunya mengupayakan kuota pengadaan vaksin Sputnik V.
 
"Kita harapkan Sputnik V dan beberapa jenis yang lain itu dapat dimanfaatkan oleh bangsa kita yang akan datang," kata pimpinan rombongan sekaligus Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad dalam keterangan tertulis, Selasa, 25 Mei 2021.
 
Tingkat efikasi Vaksin Sputnik V cukup tinggi. Berdasarkan catatan Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), angka efikasi vaksin tersebut di atas 91 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Rusia Jose Tavares berharap kunjungan dan lobi-lobi MPR membuahkan hasil. Dia juga berharap vaksin Sputnik V bisa digunakan di Indonesia.
 
"Di mana Bapak-bapak Wakil Ketua MPR ini sangat mendukung untuk bisa memperlancar pengiriman ke Indonesia tentu saja melalui prosedur melalui proses-proses yang ada sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Jose.
 
Baca: Vaksinasi Gotong Royong Gunakan Vaksin Sinopharm dan Sputnik
 
Dia menyebutkan Rusia memiliki empat jenis vaksin. Namun, Vaksin Sputnik V paling banyak dipesan.
 
"Lebih dari 60 negara. Kita harapkan Sputnik V ini bisa juga berada di Indonesia," ujar dia
 
Kunjungan yang diikuti Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat itu juga menjajaki kerja sama pada sektor minyak dan gas. Rusia disebut tertarik bekerja sama dengan Indonesia mengembangkan sektor tersebut.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif