Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding - Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding - Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.

Pembagian Jatah Menteri Dipastikan Proporsional

Nasional kabinet jokowi
M Sholahadhin Azhar • 06 Juli 2019 09:12
Jakarta: Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding menilai wajar jika partai pendukung meminta jatah kursi menteri kepada Presiden terpilih Joko Widodo. Dia yakin pembagian kursi menteri di kabinet Jokowi-Ma'ruf Aminproporsional.
 
"Kalau seandainya nanti ada jatah-jatah pasti dapat lah dan sudah pasti proporsional," kata Karding di Jakarta, Jumat, 5 Juli 2019.
 
Misalnya dari segi pemenang pemilihan umum legislatif. Karding menilai, bisa saja pendapatan suara partai pendukung menjadi patokan Jokowi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan kuantitas, ia menyebut partai dengan suara terbanyak otomatis mengalokasikan banyak dukungan ke Jokowi. Contohnya PDI Perjuangan dibandingkan dengan PPP.
 
"Tidak mungkin PDIP lebih sedikit dari PPP tidak mungkin, atau sebaliknya tidak mungkin," kata Karding.
 
Ia konsisten melihat konstelasi pembentukan kabinet. Bahwa penunjukkan menteri merupakan prerogratif presiden. Tugas partai pendukung hanya mengawal yang didukung hingga jadi.
 
(Baca: PKB Tak Menargetkan Jatah Menteri)
 
Karding menukil pernyataan Jokowi soal kriteria menteri ideal. Misalnya mereka yang menguasai bidang dan bisa bekerja dengan cepat. Lihai dalam mengeksekusi program, mumpuni memimpin dan punya skill managerial.
 
"Dan beliau inginnya juga banyak anak-anak muda hari ini, kita tunggu saja seperti apa nanti apakah mereka ini berasal dari partai atau non partai," kata Karding.
 
Jokowi dipastikan memilih orang-orang profesional. Artinya, semua pilihan didasari kualitas, bukan karena seseorang berada di partai politik atau tidak.
 
"Pak Jokowi sudah menyatakan saya tidak ingin membedakan antara profesional dan partai politik, dikotomi itu memang tidak baik," pungkas Karding.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif