Rakornas PKS di Hotel Bidakara Jakarta/Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Rakornas PKS di Hotel Bidakara Jakarta/Medcom.id/Ilham Pratama Putra

PKS Tak Punya Pilihan

Nasional pks rakornas pks
Ilham Pratama Putra • 15 November 2019 09:16
Jakarta: Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tak leluasa bergerak. Mengukuhkan diri sebagai oposan pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin bukan hal mengejutkan.
 
"Makanya seperti yang kita lihat hari ini, mereka enggak bisa ada pilihan lain," kata pengamat politik Universitas Padjajaran (Unpad) Muradi kepada Medcom.id di Jakarta, Jum'at 15 November 2019.
 
Dia menyebut PKS memang tak segaris dengan politik pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Menjadi oposisi justru pilihan bijak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi kalau dia kemudian katakanlah maksa masuk koalisi, itu bukan pilihan yang bijak. Ini akan melukai kader-kader dan pendukung mereka," jelas Ketua Pusat Studi dan Keamanan (KPSK) itu.
 
Suka tidak suka, PKS harus konsisten lima tahun ke depan. Mereka tak punya ruang masuk koalisi.
 
"PKS dengan Pak Jokowi ini sejak 2014 hingga hari ini ruang koalisi enggak pernah dibuka. Hampir tidak ada pilihan lain. Karena Pak Jokowi dan koalisi partainya sudah mengisyaratkan," beber dia.
 
PKS menegaskan sikap politik dalam rapat koordinasi nasional (rakornas). PKS tetap menjadi oposisi pemerintahan Joko-Ma'ruf.
 
"Pertama itu kita kukuhkan sebagai oposisi, yang solutif, yang konstruktif, berada diluar pemerintah," tegas Sekjen PKS Mustafa Kamal di Hotel Bidara, Jakarta Selatan, Kamis 14 November 2019.
 

(OJE)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif