Ketua Umum ICMI Jimly Asshidiqque. Foto: Medcom.id/Cindy
Ketua Umum ICMI Jimly Asshidiqque. Foto: Medcom.id/Cindy

ICMI: Menag Jangan Berlebihan Mencampuri Keimanan

Nasional menag menteri agama
Cindy • 07 November 2019 15:37
Jakarta: Kementerian Agama (Kemenang) diminta memahami tugas dengan hanya mengurus administrasi umat. Lembaga di bawah komando Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi tak perlu mengurusi penggunaan cadar dan celana cingkrang.
 
"Ada pendapat pribadi boleh-boleh saja, cuman jangan kelebihan sampai ikut campur keimanan orang," kata Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshidiqque dalam diskusi di Ciputat, Tangerang Selatan, Kamis, 7 November 2019.
 
Menurut dia, masyarakat memiliki keyakinan masing-masing soal cara berpakaian. Larangan cadar dan celana cingkrang tak bisa secara massal diberlakukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau rakyat berpendapat dia tidak bisa masuk surga kecuali tertutup bagaimana? Susah itu," ucap Jimly.
 
Mantan Mahkamah Konstitusi (MK) itu setuju jika aturan cara berpakaian itu dikhususkan untuk seluruh kementerian. Namun, aturan harus dikaji terlebih dahulu.
 
"Kalau sudah keburu ada (pegawai bercadar), harus diadakan persuasi jangan main pecat," ujar Jimly.
 
Fachrul Razi berencana melarang penggunaan cadar di lingkungan instansi pemerintahan. Langkah itu diambil demi alasan keamanan usai insiden penusukan mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto.
 
"Memang nantinya bisa saja ada langkah-langkah lebih jauh, tapi kita tidak melarang nikab, tapi melarang masuk instansi-instansi pemerintah," kata Fachrul, Rabu, 30 Oktober 2019.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif