Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Dok Kementerian BUMN.
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Dok Kementerian BUMN.

Erick Thohir Bagi Kunci Sukses UMKM Bertahan di Tengah Pandemi

Arga sumantri • 23 November 2022 20:40
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan dalam berbisnis harus memiliki partner yang memiliki kemampuan berbeda agar bisnis berjalan dengan kerja tim yang baik. Walau pandemi covid-19 menghancurkan banyak bisnis, Erick Thohir mengajak masyarakat tidak terpuruk.
 
"Namun justru melihat potensi serta kesempatan baru," ujar Erick melalui keterangan tertulis, Rabu, 23 November 2022.
 
Erick Thohir optimistis meski pandemi covid-19 menghilangkan banyak pekerjaan, tapi akan ada banyak lapangan kerja baru yang bermunculan. Terlebih, di ranah BUMN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain bentuk transformasi digital, Erick ingin memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan memberikan infrastruktur. Seperti artificial inteligence, jalan tol, hingga akses ke pasar. Erick bekerja sama dengan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.
 

Baca: Wapres Ingatkan Pengusaha Besar Tak Membunuh Pengusaha Kecil


Erick Thohir juga memberikan kunci sukses bagi UMKM yang ingin bisnisnya tahan banting di tengah gempuran covid-19. Ia menyebut kuncinya adalah beradaptasi, berkolaborasi, dan membuat produk diferensiasi dengan market yang terbentuk, seperti makanan sehat dan lain sebagainya. Erick sangat yakin di generasi baru ini akan menciptakan tren.
 
"Jadilah generasi yang produktif, bukan konsumtif, karena kalianlah yang menciptakan tren tersebut," ujar Erick.
 
Erick Thohir berkisah bahwa ia lahir dari keluarga yang mendidiknya sangat baik. Ayahnya, Muhammad Thohir, mengajarkan Erick sebelum berharap dihargai orang lain, alangkah baiknya untuk menghargai orang lain terlebih dahulu.
 
Sang ayah juga mengajarkan Erick agar senantiasa membangun serta menjaga nama baik atau reputasi. Selain itu, Erick diajarkan untuk memiliki keahlian agar menjadi orang yang sukses. Sementara, sang ibu mengajarkan Erick untuk sangat disiplin.
 
(AGA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif