Anggota DPR dari Fraksi PDIP TB Hasanuddin. (MI/Rommy)
Anggota DPR dari Fraksi PDIP TB Hasanuddin. (MI/Rommy)

Komisi I dan Menhan Belum Pernah Bahas Anggaran Pengadaan Satelit

Putra Ananda • 20 Januari 2022 19:10
Jakarta: Komisi I dan Menteri Pertahanan (Menhan) era Ryamizard Ryacudu belum pernah membicarakan anggaran pengadaan satelit orbit 123. Ryamizard saat itu hanya memberikan laporan terkait perlu ada pengadaan satelit tanpa pembahasan anggaran secara lebih lanjut.
 
"Saya ulangi lagi kami sepakat terhadap usulan, namun kita belum berbicara soal anggaran," ungkap anggota Komisi I Tb Hasanuddin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 20 Januari 2022.
 
Dia menjelaskan secara prinsip, Komisi I periode 2014-2019 sepakat terhadap kebutuhan satelit pertahanan yang saat itu diusulkan Ryamizard. Namun, proses pengadaan tersebut sepenuhnya merupakan kewenangan pemerintah selaku pengguna anggaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya sudah berulang kali menyampaikan bahwa satelit itu memang dilaporkan oleh Menhan kepada Komisi I, dan Komisi I atas dasar berbagai banyak hal sepakat untuk pengadaan satelit selesai sampai di situ selanjutnya itu ada di pihak pemerintah," ujar dia.
 
Hasanuddin mengatakan saat itu Komisi I menyetujui pengadaan satelit militer demi menjaga pertahanan. Namun, Komisi I memberikan catatan bahwa realisasi pengadaan satelit militer perlu mendapatkan kajian komperhensif.
 
"Termasuk didalamnya berkoordinasi dengan Kominfo," ujarnya.
 
Baca: Prabowo: Kemhan Sudah Audit Pengadaan Satelit di 2015
 
Hasanuddin menyampaikan bentuk rincian kontrak pengadaan anggaran satelit sepenuhnya dirancang Menhan. DPR tidak bisa menyentuh pembahasan anggaran hingga kepada satuan-satuan belanja barang.
 
"Prosedur sebenarnya sudah dilakukan tapi kalau dalam teknisnya ada pelanggaran hukum, ya silakan saja penegak hukum bekerja untuk menegakkannya," ujar dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif