Dirjen Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri Agus Fatoni. Dok. Kemendagri
Dirjen Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri Agus Fatoni. Dok. Kemendagri

Kemendagri Minta Saran Daerah untuk Pedoman Penyusunan APBD 2023

Candra Yuri Nuralam • 01 April 2022 16:39
Jakarta: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bakal membuat pedoman penyusunan APBD 2023. Kepala daerah dan seluruh pihak terkait diajak memberikan masukan.
 
"Karena sedang disusun pedoman penyusunan APBD tahun 2023, sehingga kami perlu masukan dari teman-teman seluruh daerah, dari kementerian atau lembaga, provinsi, kabupaten atau kota, seluruh Indonesia," kata Dirjen Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kemendagri Agus Fatoni melalui keterangan tertulis, Jumat, 1 April 2022.
 
Agus mengatakan Kemendagri bakal menyerap semua aspirasi dari daerah dalam penyusunan pedoman ini. Saran dari daerah dinilai penting agar pedoman penyusunan dapat dimengerti dan dilaksanakan dengan baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Oleh karena itu, bukan saja dari sisi kepala OPD yang menangani keuangan saja, tetapi termasuk komponen atau OPD terkait, seperti Bappenda, Bappeda, Inspektorat dan OPD lainnya," ujar Agus.
 
Seluruh masukan dari semua pihak akan ditampung dan diambil kesimpulan. Setelah itu, Kemendagri mulai menyusun pedoman untuk disebarkan ke daerah.
 
Kemendagri juga akan keliling untuk meminta saran dari daerah. Strategi keliling untuk meminta saran ini juga diyakini bisa memutar ekonomi.
 
"Kegiatan ini sengaja dilaksanakan di daerah, agar ekonomi daerah bergairah, peserta juga bisa melihat wisata dan potensi daerah lain, serta belajar praktik pemerintahan yang baik dari daerah lokasi tempat acara," tutur Agus
.
Baca: Pemprov DKI Siapkan Rp1,74 Miliar untuk Seragam DPRD
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif