Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: Medcom
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Foto: Medcom

Lestari Moerdijat: Jadikan Hari Santri Momentum Mengamalkan Nilai Kebangsaan

Nasional Partai NasDem nasdem Santri Hari Santri Nasional Lestari Moerdijat Hari Santri Nasional 2021
Fachri Audhia Hafiez • 22 Oktober 2021 14:00
Jakarta: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) menilai Hari Santri Nasional 2021 sebagai momentum menanamkan dan meningkatkan pengamalan nilai-nilai kebangsaan terhadap generasi muda. Hal ini guna mencegah generasi muda terpengaruh berbagai ideologi asing.
 
"Para santri merupakan bagian dari generasi muda yang menerima warisan untuk melanjutkan berbagai upaya dalam mengisi kemerdekaan," kata Rerie melalui keterangan tertulis, Jumat, 22 Oktober 2021.
 
Rerie menuturkan nilai-nilai kebangsaan tak terlepas dari kehidupan santri. Nilai berupa cinta Tanah Air, rela berkorban, persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia mesti dijunjung para santri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tidak bisa lepas dari kewajiban para santri untuk melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari," ujar Rerie.
 
Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu menekankan para santri memiliki kewajiban yang sama dengan seluruh elemen bangsa. Khususnya dalam melaksanakan dan menjaga ideologi Pancasila dari gangguan pemahaman ideologi lainnya.
 
"Saat mempersiapkan kemerdekaan Indonesia pun perwakilan seluruh elemen bangsa ketika itu telah bersepakat bahwa ideologi bangsa kita adalah Pancasila," ucap Rerie.
 
Baca: Wapres Ingin Pesantren Jadi Pusat Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat
 
Menurut Rerie, tema Santri Siaga Jiwa dan Raga untuk peringatan tahun ini mengandung makna kuat. Para santri wajib siap siaga membela bangsa dan negara Indonesia.
 
Apalagi, kata Rerie, latar belakang diperingatinya Hari Santri Nasional karena KH Hasyim Asy'ari, menyerukan Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945. Seruan itu menegaskan bahwa berjuang demi kemerdekaan Indonesia hukumnya fardhu’ ain atau wajib bagi semua orang. 
 
"Latar belakang sejarah Hari Santri Nasional ini menegaskan bahwa para santri merupakan bagian dari bangsa Indonesia yang berjuang mempertahankan kemerdekaan," kata Rerie.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif