Komisioner Komnas HAM Choirul Anam diskusi virtual Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Misteri Tragedi Lapas Tangerang,' Minggu, 12 September 2021. Dok. Tangkapan Layar
Komisioner Komnas HAM Choirul Anam diskusi virtual Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Misteri Tragedi Lapas Tangerang,' Minggu, 12 September 2021. Dok. Tangkapan Layar

Kemauan Politik Mengambil Kebijakan Harus Melampaui Keterbatasan Anggaran

Nasional kebakaran Komnas HAM Kemenkumham Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Crosscheck Lapas Klas 1 Tangerang Terbakar
Theofilus Ifan Sucipto • 12 September 2021 14:27
Jakarta: Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) meminta pemerintah jangan sampai tidak mengambil kebijakan dengan dalih tidak ada anggaran. Masalah itu bisa diatasi dengan kemauan politik yang kuat.
 
"Kalau urusannya duit, tidak akan kelar-kelar," kata Komisioner Komnas HAM Choirul Anam dalam diskusi virtual Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Misteri Tragedi Lapas Tangerang,' Minggu, 12 September 2021.
 
Choirul menyinggung kemauan politik Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) soal kondisi lapas. Sebab, Komnas HAM sudah mengusulkan dua solusi untuk mengatasi over capacity yang tidak menyedot banyak anggaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Solusi pertama, yakni memperbaiki criminal justice system. Perlu ada kategori-kategori tertentu yang tidak perlu menjebloskan orang ke penjara.
 
Solusi kedua ialah membuat teknis tata kelola lapas. Misalnya, narapidana yang sudah menjalani kurungan selama waktu tertentu dan dinilai baik bisa ditahan di luar penjara.
 
Baca: Komnas HAM: Bangunan Lapas Klas I Tangerang Tidak Manusiawi
 
Usulan itu sudah berkali-kali disampaikan kepada pemerintah. Komnas HAM juga mengusulkan itu setiap kali meninjau lembaga pemasyarakatan (lapas).
 
"Ini masalah political will, khususnya Kemenkumham ditambah penegak hukum. Jadi bukan soal anggaran," tutur dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif