Elektabilitas dan Kepuasan Terhadap Jokowi tak Sejalan

Whisnu Mardiansyah 22 Mei 2018 23:05 WIB
pilpres 2019
Elektabilitas dan Kepuasan Terhadap Jokowi tak Sejalan
Direktur Ekskutif Indobarometer M Qodari. Foto: MI/Ramdani
Jakarta: Direktur Ekskutif Indobarometer M. Qodari mengatakan ada kesenjangan antara tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintah Jokowi-JK dengan elektabilitas Jokowi secara pribadi.

Dalam survei Indobarometer terhadap kinerja pemerintah Jokowi-JK dalam kurun waktu kepemimpinan yang telah memasuki usia tiga tahun enam bulan, tingkat kepuasannya mencapai 65 persen. Sementara untuk tingkat elektabilitas Jokowi saat ini masih di bawah 60 persen. Menurut Qodari, ada dua faktor yang melatarbelakangi.

"Pertama sosialisasi keberhasilan itu sendiri yang msih agak kurang," kata Qodari di acara Prime Time News Metro TV, Selasa, 22 Mei 2018.


Hal itu sejalan dengan hasil survei yang menyatakan 50 persen lebih publik tak mengetahui program Nawacita. Hanya sekitar 37 persen saja yang mengetahui program tersebut.

"Padahal 3,5 tahun berjalan pemerintahan. Jadi masih sangat minim sosialisasi, bukan saja Asian Games tapi juga Nawacita," jelas dia.

Sebelumnya, dalam hasil survei Indobarometer per 15-22 April 2018 tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi-Jk mencapai 65,1 persen. Bahkan jika disurvei secara individu persentase Jokowi mencapai 68,6 persen. 



(SCI)