Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.
Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.

Jokowi Ingin Perkuat Kerja Sama Kesehatan dengan Zambia

Insi Nantika Jelita • 25 Mei 2022 20:25
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Wakil Presiden Zambia W.K. Mutale Nalumango. Dalam pertemuan itu, keduanya membahas upaya penguatan kerja sama di sektor kesehatan.
 
"Bapak Presiden juga menyampaikan keinginan perusahaan-perusahaan farmasi Indonesia berkontribusi memperkuat sektor kesehatan di Zambia, terutama pemenuhan vaksin yang diperlukan," Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangannya selepas pertemuan, di Bali, Rabu, 25 Mei 2022.
 
Selain kesehatan, Jokowi ingin memperkuat kerja sama di bidang ekonomi. Jokowi berharap ke depan ekspor Indonesia termasuk crude oil palm, kertas, dan pakaian jadi dapat terus ditingkatkan ke Zambia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Negara menyampaikan informasi bahwa beberapa perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia sedang menjajaki kerja sama di Zambia. Retno menyebut pada bidang perkeretaapian PT INKA bekerja sama dalam penyediaan lokomotif untuk proyek Zambia Railway dari Victoria Falls menuju Kota Chingola.
 
"Selain itu, ada BUMN Indonesia yang juga sedang menjajaki kerja sama dalam konteks perluasan dan modernisasi terminal Bandara Internasional Lusaka," ucap dia.
 
Baca: Bertemu di Bali, Jokowi dan Wapres Zambia Bahas Kerja Sama Ekonomi
 
Sementara itu, Mutale menyampaikan pentingnya kedua negara melakukan pertemuan. Dia berkeinginan agar Indonesia bisa membantu meningkatkan kapasitas sektor-sektor yang diperlukan Zambia, antara lain bidang manajemen kebencanaan dan pertambangan.
 
"Tadi juga disebutkan keinginan bekerja sama dalam capacity building masih, tetapi juga sebagai tambahan di bidang pertanian," tegas dia.
 
 
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif