Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. Foto: MI/Bary Fathahilah
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. Foto: MI/Bary Fathahilah

Gerindra: Pemerintah Wajib Memulangkan WNI Eks ISIS

Nasional isis WNI Gabung ISIS
Anggi Tondi Martaon • 06 Februari 2020 19:51
Jakarta: Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani menilai pemerintah wajib memulangkan 600 warga negara Indonesia eks ISIS. Asalkan, status kewarganegaraan mereka belum dicabut.
 
"Intinya kalau masih WNI dan bukan warga negara yang dicabut statusnya, kewajiban kita memulangkan," kata Muzani di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 6 Februari 2020.
 
Menurut dia, para WNI memiliki berbagai alasan untuk bergabung dengan ISIS. Namun, pemerintah tetap berkewajiban memulangkan mereka jika masih warga negara Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau mereka WNI tentu saja menjadi tanggung jawab kita. Apapun tujuan dia ke Suriah untuk dibalikkan ke sini," ungkap dia.
 
Muzani menilai pemerintah juga berkewajiban melakukan deradikalisasi. "Soal ideologi ya tanggung jawab kita sama-sama mengingatkan bahkan kalau perlu memberi hukuman bahwa ideologi itu salah. Kita harus mengatakan ideologi itu salah dan keliru," ujar dia.
 
Gerindra: Pemerintah Wajib Memulangkan WNI Eks ISIS
Kamp Al-Hol di Suriah menjadi tempat tinggal keluarga dari anggota ISIS. Foto: AFP
 
Menteri Agama Fachrul Razi sebelumnya menyatakan akan memulangkan eks ISIS ke Indonesia. Total ada 600 WNI eks ISIS yang masih tersebar di beberapa negara.
 
Namun, Kepala Staf Presiden Moeldoko mengatakan pemerintah belum berniat memulangkan eks simpatisan ISIS ke Indonesia. Rencana pemulangan eks ISIS pun belum pernah dibahas.
 
"Sebenarnya belum pernah dibicarakan. Pemerintah belum menentukan sikap dalam hal itu," kata Kepala Staf Presiden Moeldoko di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis, 6 Februari 2020.
 
Pemerintah tak mau gegabah memulangkan eks teroris ke Tanah Air. Sebab, ini menyangkut keamanan negara.
 

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif